Saat ini, layanan uang elektronik dan dompet digital dari BNI, yaitu UnikQu dan Yap sudah melebur menjadi LinkAja bersama layanan uang elektronik milik perusahaan BUMN lain. Lantas saja perubahan dan benefit yang didapat oleh pengguna UnikQu dan Yap?

Berikut tanya-jawabnya:

  1. Apa perbedaan antara UnikQu, Yap dan LinkAja? Dengan bergantinya yap! dan UnikQu menjadi LinkAja, akan terdapat beberapa penambahan layanan dan fitur untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Indonesia.
  2. Adakah benefit lebih bagi Pelanggan yang bisa didapat dari LinkAja?
    • Pada periode perkenalannya, LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi pelanggan. Promosi dan rewards ini akan dapat dinikmati oleh pelanggan baru LinkAja dan juga pelanggan yap! dan UnikQu yang bersedia mengkonversi akunnya ke akun LinkAja.
  3. Adakah fitur baru di LinkAja yang tidak tersedia di aplikasi yap! dan UnikQu.
    • Ada, fitur pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet), pembelian pulsa dan paket data, serta fitur-fitur menarik lainnya yang dapat dilakukan langsung dari handphone. Pelanggan juga dapat melakukan top up saldo LinkAja langsung dari channel 4 bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI, dan BTN) ataupun dari channel bank-bank selain Himbara (misal BCA, CIMB NIAGA, dll). Fitur-fitur tersebut akan diperkenalkan bersamaan dengan tersedianya aplikasi LinkAja di toko aplikasi AppStore dan Play Store mulai tanggal 1 Maret 2019.
  4. Apakah penggan yap! dan UnikQu perlu melakukan registrasi ulang ke LinkAja?
    • Perlu. Akun pelanggan yap! dan UnikQu akan di-non-aktifkan secara otomatis jika pelanggan sudah melakukan registrasi pada akun LinkAja.
  5. Apa yang terjadi dengan saldo pelanggan di yap! dan UnikQu setelah update ke LinkAja?
    • Saldo yap! (sumber dana : Uang Elektronik atau UnikQu) pelanggan akan ditransfer secara otomatis ke akun LinkAja apabila pelanggan mendaftarkan nomor handphone yang sama pada akun yap! (UnikQu) dan LinkAja.
  6. Apakah yang harus pelanggan yap! dan UnikQu lakukan untuk menjadi pelanggan LinkAja?
    • Pelanggan perlu melakukan unduh aplikasi LinkAja di AppStore (iOS) dan Play Store (Android) mulai tanggal 1 Maret 2019, lalu melakukan registrasi. Diharapkan pelanggan mendaftarkan nomor handphone pada akun LinkAja sesuai dengan nomor yang terdaftar pada akun yap! dan UnikQu.
  7. Kapan Pelanggan bisa mulai melakukan unduh aplikasi LinkAja?
    • Pelanggan dapat melakukan unduh aplikasi ini mulai tanggal 1 Maret 2019.
  8. Apakah layanan yap! dan UnikQu akan tetap bisa diakses setelah LinkAja diluncurkan?
    • Layanan yap! dan UnikQu tidak dapat diakses lagi setelah layanan ini diluncurkan.
  9. Apabila Pelanggan tidak melakukan update aplikasi ke LinkAja, apakah Pelanggan tetap bisa melakukan transaksi?
    • Pelanggan tidak dapat melakukan transaksi lagi pada aplikasi yap! dan UnikQu setelah LinkAja diluncurkan, kecuali penggunaan aplikasi yap! untuk keperluan para Notaris (AHU) membayar PNBP dengan sumber dana Kartu Debit BNI tetap bisa menggunakan yap!.
  10. Apabila Pelanggan dengan adanya perubahan yap! dan UnikQu menjadi LinkAja tidak bersedia menggunakan, apa yang harus dilakukan?
    • Jika terdapat sisa saldo yap! (sumber dana Uang Elektronik atau UnikQu), pelanggan dapat melakukan mekanisme penutupan akun dan untuk penarikan saldo yap! (sumber dana Uang Elektronik atau UnikQu) melalui email ke unikqu-support@bni.co.id dengan melampirkan beberapa data yang dibutuhkan antara lain:
    a. Nama, nomor HP dan alamat email yang didaftakan pada akun UnikQu
    b. Foto KTP
    c. Nomer rekening bank
    d. Scan halaman depan buku rekening atau e-statement
    • Penarikan saldo yap! (sumber dana Uang Elektronik atau UnikQu) hanya dapat dilakukan jika nama akun UnikQu sama dengan nama di KTP. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi BNI Call di 1500046.

Setiap FAQ yang ada baik di Tcash, Mandiri e-cash, TBank, yap! dan unikQu berbeda-beda. Silakan pelajari kembali setiap aturan yang dikeluarkan masing-masing penyedia layanan.

Tinggalkan Balasan