Pinjam uang bisa lewat ponsel. (Shutterstock)

Saat ini masih banyak wisatawan yang mempertanyakan, lebih baik membawa banyak uang tunai atau nontunai seperti kartu kredit untuk bekal saat hendak melancong ke luar negeri?

Jawabannya sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan jadwal perjalanan Anda, baik untuk keperluan kerja atau jalan-jalan (liburan)

Membawa uang tunai akan efektif jika durasi travel atau perjalanan pendek dan Anda hanya pergi ke satu negara saja. Namun memiliki risiko kehilangan yang tinggi.

Namun, jika merencanakan perjalanan yang cukup panjang dan berpindah dari satu negara ke negara lain, tentunya Anda akan kerepotan jika hanya mengandalkan uang tunai sebagai bekal. Bayangkan berapa banyak jenis mata uang dan nominal uang yang harus Anda bawa.

Oleh karena itu, selain membawa uang tunai, Anda wajib membawa kartu kredit. Nah, agar penggunaan kartu kredit di luar negeri lebih nyaman, aman, dan terkendali, ikuti tips berikut.

Tips aman bawa kartu kredit ke luar negeri:

  1. Pilih kartu kredit dari bank yang menawarkan nilai tukar terbaik.

    Setiap bank menawarkan nilai tukar yang berbeda-beda untuk transaksi menggunakan kartu kredit dalam mata uang asing di luar negeri. Biaya transaksi yang dikenakan atas nilai tukar tersebut juga berbeda-beda. Oleh karena itu sebaiknya Anda memilih kartu kredit dari bank penerbit yang menawarkan nilai tukar terbaik.Inilah Promo Sepanjang 2018 dari 5 Kartu Kredit Terkemuka Nontunai Non Tunai www.nontunai.com

  2. Laporkan pada bank bahwa akan pergi ke luar negeri.

    Sebelum berangkat Anda sebaiknya melapor kepada bank penerbit bahwa kartu kredit tersebut akan Anda gunakan di luar negeri. Jika tidak, ada kemungkinan Anda tidak bisa menggunakannya di negara tempat berlibur karena bank menganggap transaksi yang Anda lakukan sebagai transaksi gelap.

  3. Manfaatkan promo transaksi di luar negeri sebaik-baiknya.

    Cek terlebih dahulu apakah kartu kredit yang akan Anda bawa berlibur menawarkan promo-promo untuk transaksi di luar negeri. Biasanya beberapa bank penerbit kartu kredit menyediakan promo berupa diskon belanja atau bonus poin dari transaksi.

    Manfaatkan promo sebaik-baiknya agar lebih untung. Tapi ingat, agar tagihan kartu kredit tidak membengkak seusai pulang melancong, Anda harus bijaksana menggunakannya.kejahatan belanja online skimming modus traveloka

  4. Naikkan limit sebelum pergi.

    Pastikan limit kartu kredit yang ingin Anda bawa berada pada angka yang cukup untuk membiayai transaksi di luar negeri. Untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak, Anda bisa mengajukan kenaikan limit sebelum pergi.

Cara Naik Limit Kartu Kredit BCA

Buat pengguna kartu kredit, Anda tidak perlu melalui proses yang njelimet untuk menaikkan limit kartu kredit.

Saat ini untuk menaikkan limit atau pagu kartu kredit, Anda bisa melakukannya lewat aplikasi BCA Mobile.

Cara menaikkan limit kartu kredit BCA sangat simpel. Sebagai langkah awal, pastikan Kartu Kredit BCA Anda terkoneksi dengan BCA Mobile.  Jika belum, masuk ke menu m-Admin dan pilih Daftar pada bagian Koneksi Kartu Kredit.

kartu kredit di bca mobile

Untuk meminta kenaikkan limit, pilih Request Limit Kartu Kredit pada menu m-Admin di BCA Mobile. Masukkan angka limit yang diinginkan. BCA akan melakukan penilaian terhadap jumlah limit yang Anda ajukan.

Disetujui atau tidaknya permohonan kenaikkan limit akan dikabari oleh BCA melalui SMS notifikasi dalam waktu beberapa hari.

Tinggalkan Balasan