Korps Lalu Lintas Polri melakukan terobosan baru di sektor pembayaran Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), kedepan metode pembayarannya kini bisa dilakukan nontunai alias cashless.

Pembayaran dengan nontunai diharapkan dapat mengurangi peredaran uang palsu.Namun, kebijakan yang mulai berlaku pada 6 November 2019 ini baru diaplikasikan di daerah Sumatera Selatan.

Metode pembayarannya pun tak terlalu rumit, Berikut alurnya.

  1. Setelah memperoleh nominal yang harus dibayarkan di Samsat Polda atau Polres, Anda dapat membayar dengan transaksi ATM atau melalui loket PPOB (Payment Point Online Bank) yang memiliki logo On Pays.
  2. Khusus untuk transaksi menggunakan ATM, Anda akan diarahkan membayar ke akun virtual BRI, yang tertera di kwitansi yang telah diserahkan petugas Samsat. Pada ATM BRI, pembayaran dilakukan dengan memilih menu BRIVA dan memasukkan kode pembayaran yang tertera pada kwitansi.
  3. Pada ATM Bank lain, pembayaran dilakukan melalui transfer antar bank dengan memasukkan kode bank BRI, yaitu 002 disambung dengan kode pembayaran dan nominal yang tertera di kwitansi Anda. “Setelah dilakukan pembayaran, pemohon menuju ke loket BPKB untuk menyerahkan bukti bayar,” katanya.
  1. Setelah dilakukan pembayaran, pemohon menuju ke loket BPKB untuk menyerahkan bukti bayar.
  2. Petugas menerima bukti bayar tersebut dan melanjutkan proses, hingga bukti registrasi dan identifikasi atau lebih dikenal dengan BPKB terbit.

Tinggalkan Balasan