Sebelum Anda belanja atau transaksi kartu kredit, sebetulnya beberapa merchant akan menanyakan lebih dulu, apakah ingin pakai tanda tangan atau PIN. Hal ini sejalan dengan persiapan dan sosialisasi Bank Indonesia (BI) dan perbankan penerbit kartu kredit untuk menerapkan teknologi PIN online tahun depan.

Bank Indonesia mewajibkan seluruh nasabah kartu kredit telah menggunakan PIN pada kartu kreditnya maksimal di tahun 2020 nanti. Hingga sekarang di tahun 2019, masih banyak nasabah yang tidak menggunakan PIN kartu kredit, dan menggunakan tanda tangan. Ke depannya, penggunaan tanda tangan diharapkan sudah tidak ada lagi, dengan alasan keamanan.

Penggunaan PIN kartu kredit, selain terkendala teknis di perbankan karena harus mengirimkan PIN secara manual satu per satu kepada nasabah, adalah masalah di EDC juga. Dari jutaan mesin EDC yang tersebar hingga ke seluruh negeri, tak sedikit di antaranya masih belum mendukung PIN kartu kredit, sehingga otentikasi menggunakan tanda tangan lah yang digunakan.

Saat ini, pihak perbankan memang menganjurkan nasabah kartu kredit untuk segera menggunakan PIN kartu kredit dengan alasan keamanan, tapi anjuran ini sifatnya tidak wajib. Apalagi kewajiban penggunaan PIN kartu kredit untuk keseluruhan baru di tahun 2020 nanti. Sekarang ini hingga 2020 nanti adalah waktu transisi dari tanda tangan ke PIN. Meski begitu, ada kecenderungan bahwa penggunaan PIN kartu kredit akan dipercepat.

Salah satu penyebab bank sentral ingin mempercepat penggunaan PIN adalah maraknya kejahatan pencurian data nasabah yang menimpa sejumlah bank besar di Indonesia beberapa waktu lalu. Penerapan PIN kartu kredit merupakan realisasi dari program Nasional Teknologi Chip atau National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS).

Peraturan penggunaan PIN pada kartu kredit telah mempunyai dasar kebijakan yaitu Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, tahun 2015. Artinya sejak 2015, perbankan sudah harus menerbitkan kartu yang menggunakan PIN kartu kredit.

Tinggalkan Balasan