Sudah Pakai Kartu Nontunai JakCard Milik Bank DKI Jakarta, Belum?

JakCard

Salah satu kartu nontunai yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran uang elektronik di 4 ribu gerai Alfamart di Jabodetabek adalah kartu nontunai JakCard. Kartu nontunai atau kartu uang elektronik milik Bank DKI Jakarta ini sudah tersebar sebayak 767 ribu kartu di Jakarta.

Bagi pengguna JakCard, nasabah dan masyarakat tidak saja hanya dapat berbelanja di Alfamart, namun juga bisa untuk membayar kawasan wisata seperti Monumen Nasional (Monas), Taman Margasatwa Ragunan, Museum Seni dan Keramki, membayar parkir meter, dan juga tap pembayaran menggunakan Transjakarta.

Untuk mendapatkan kartu nontunai JakCard, nasabah atau masyarakat bisa mendapatkan kartu elektronik tersebut di Alfamart atau di kantor layanan Bank DKI, halte Transjakarta, dan juga di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI.

JakCard adalah kartu pintar prabayar (pre paid smartcard) yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan teknologi contactless-chip, anda cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca (contactless card reader).

Mau, dong pakai JakCard. Tapi caranya giman? Simak keterangan di bawah ini, yuk!

Kartu Perdana JakCard

Kartu perdana JakCard dapat dibeli di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo “JakCard” dengan mengisi form registrasi kartu JakCard.

Harga per-kartu perdana JakCard : Rp.20.000,- (selama masa promosi, syarat dan ketentuan berlaku).

Registrasi kartu JakCard

Saat pembelian kartu Perdana JakCard, Anda dapat melakukan registrasi kartu JakCard sebagai bukti kepemilikan kartu JakCard sebagaimana prosedur registrasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Bank DKI

Lokasi penggunaan kartu JakCard

Anda dapat menggunakan JakCard sebagai alat pembayaran untuk transaksi di  merchant merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI.

Isi Ulang (Top Up) kartu JakCard

Pemilik kartu JakCard dapat melakukan isi ulang (top up) di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo “JakCard Top Up”.

Denominasi Top Up JakCard sebagaimana berikut :

Cek Saldo kartu JakCard

Anda dapat melakukan cek saldo kartu JakCard di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo “JakCard Top Up”.

Batasan Saldo kartu JakCard

  1. Tidak ada batasan saldo minimum pada kartu JakCard .
  2. Batas maksimal saldo pada kartu JakCard adalah Rp.1.000.000,- (sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia).

Masa berlaku kartu JakCard

Kartu JakCard tidak memiliki batasan masa berlaku selama kartu JakCard aktif digunakan dan mempunyai saldo yang cukup

Penutupan kartu JakCard *

Anda dapat melakukan penutupan kartu JakCard dengan cara mendatangi kantor Bank DKI terdekat dan mengisi formulir penutupan kartu JakCard sebagaimana ketentuan yang ditetapkan oleh Bank DKI.

Pengembalian saldo tersisa pada kartu JakCard *

Pengembalian saldo tersisa pada kartu JakCard dapat dilakukan jika anda telah melakukan penutupan kartu JakCard. Catatan : Penutupan kartu JakCard hanya dapat dilayani bagi nasabah yang meregisterasikan kepemilikan kartu JakCard, otentikasi terhadap validitas penggantian kartu akan disesuaikan dengan bukti sah kepemilikan kartu berdasarkan ID pada form registrasi.

Layanan pengguna kartu JakCard

Untuk layanan informasi dan keluhan mengenai kartu JakCard dapat menghubungi Call Center Bank DKI (021) 500-351.

SUMBER: BANK DKI