Berdasarkan dokumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berjudul “Rata-rata Saldo per Nasabah dan persebaran pembukan rekening tabungan Basic Saving Account (BSA) program Laku Pandai” yang diterima oleh nontunai.com pada Kamis (20/6).

⁣OJK juga mencatat agen dan nasabah yang ada di Pulau Jawa juga mempunyai nominal transaksi lebih besar. Namun dari sisi saldo, nasabah laku pandai luar Jawa mempunyai rata-rata saldo lebih tinggi.

Sejak diluncurkan pada 2015, nasabah program Laku Pandai telah menyebar secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun nasabah Laku Pandai sebagian besar berada di Pulau Jawa (65,56%), namun Rata-rata Saldo Rekening Tabungan BSA paling besar terdapat di Pulau Maluku dan Papua yaitu sebesar Rp554.833, dibandingkan dengan Pulau Jawa yang hanya sebesar Rp66.163 per nasabah.⁣

Ilustrasi rata-rata saldo perbulan (foto: Instagram/ojkindonesia)

Selama Triwulan I 2019, jumlah pembukaan rekening BSA, paling banyak dilakukan di Pulau Jawa (92.85%) dan yang paling sedikit Pulau Maluku dan Papua (0.68%). Sementara itu, jenis transaksi yang paling sering dilakukan oleh nasabah Tabungan BSA adalah transfer antar bank, penarikan tunai dan pemindahbukuan.

OJK berharap dengan adanya program Laku Pandai dapat menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antara desa-kota di seluruh wilayah Indonesia.⁣

Tinggalkan Balasan