Tol Manado-Bitung dibuka untuk masyarakat secara fungsional dalam rangka Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tol dibuka mulai Jumat (20/12/2019) hingga Jumat (03/01/20) pukul 08.00 – 17.00 Wita. Jalur yang dibuka ialah arah Bitung (Manado-Airmadidi) dan jalur arah Manado (Menembo-Nembo-Airmadidi- Manado).

Terkait itu, sistem pembayaran yang diperbolehkan adalah nontunai menggunakan uang elektronik (e-money) berbasis chip.

Selama  pelaksanaan  fungsional jalan tol, masyarakat  diberikan kesempatan untuk menggunakan jalan tol dengan tarif Rp 0.

“Masyarakat cukup memiliki uang elektronik sebagai modal untuk menggunakan fasilitas jalan tol dengan tarif Rp 0,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat.

Ia bilang, langkah ini diambil untuk memperkenalkan kepada masyarakat sistem pembayaran nontunai yang memang nantinya diberlakukan di Tol Manado-Bitung begitu operasi resmi.

Selain untuk mendukung aktivitas masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru 2020, melalui fungsional Jalan Tol Manado Bitung, BI, Jasamarga Manado Bitung, serta perbankan mengharapkan  masyarakat  memahami  mekanisme  pembayaran  nontunai

“Agar masyarakat  mulai  terbiasa menggunakan uang elektronik sebagai instrumen pembayaran di jalan tol,” katanya.

Bagi masyarakat yang belum memiliki uang elektronik, dapat melakukan pembelian atau top up uang elektronik di bank atau di booth perbankan yang selama pelaksanaan fungsional akan ditempatkan di pintu masuk jalan tol Manado dan pintu tol Airmadidi.

Uang elektronik sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 25 ribu (tanpa saldo).

Arbonas bilang, perbankan menyediakan stok  sebanyak 6 ribu kartu uang elektronik yang terdiri dari Tapcash BNI, BRIzzi BRI, E-money Mandiri, Flazz BCA, Blink BTN dan BSG Cash Bank Sulutgo.

Katanya, hal itu merupakan hasil pembahasan para stakeholder terkait di kantor BI Sulut.

Rapat dihadiri oleh Pimpinan Jasamarga Manado Bitung, Pemprov Sulut, dan enam perbankan daerah yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, BTN dan Bank SulutGo.

Tinggalkan Balasan