Guna memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, ataupun antar negara, Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan aturan mengenai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) agar transaksi nontunai berjalan lebih aman dan nyaman.

QRIS adalah standar QR Code untuk pembayaran nontunai di Indonesia, yang dikembangkan oleh BI dan Asosiasi Pembayaran Indonesia.

“Dengan adanya standar ini maka penyedia barang dan jasa (merchant) tidak perlu memiliki QR Code berbeda dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran. Sehingga nantinya hanya akan ada satu QR code,” sebut Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan kepada Nontunai.com, Kamis (31/10).

Junanto mengatakan cara ini tentunya akan membuat transaksi lebih mudah, efisien, dan menguntungkan.

Ia juga menjelaskan bahwa mulai 1 Januari 2020 nanti, QRIS akan diterapkan di seluruh Indonesia. Tentunya hal tersebut jadi tantangan tersendiri untuk BI. “Sosialisasi dan edukasi akan menjadi tantangan, baik dari para penjual (merchant) ataupun pengguna,” ungkapnya.

Atas dasar tersebut lah, menurut Junanto, BI menyelenggarakan lomba blog dan vlog tentang QR Code Indonesia Standard atau QRIS sebagai bagian dari rangkaian acara BI Goes to Campus 2019 atau dinamakan Festival Edukasi BI (Feskabi 2019).

“Melalui lomba ini kami ingin mengajak partisipasi para blogger dan vlogger untuk dapat share berbagi pengalaman mereka menggunakan QR sekaligus mengedukasi buat yang belum pernah menggunakan,” kata Junanto.

Foto: Bank Indonesia

“Lomba ini dilaksanakan mulai dari 26 September hingga 20 November 2019, ” sebutnya.

Untuk perserta sendiri diwajibkan membuat karya bertemakan di antaranya, Transaksi Lancar Pakai QR Standar, Usaha Lancar Pakai QR Standar, dan QR Standar Pembayaran Digital Ala Milenial.

Bagi peserta yang memiliki karya unik dan terbaik, mereka berhak mendapatkan hadia jutaan rupiah.

Lebih dari itu, Junanto berharap, para blogger dan vlogger nantinya dapat berbagi pengalaman mereka dan mengajak untuk melakukan pembayaran nontunai sebab cara ini memiliki keuntungan lebih cepat, efisien, aman.

Tinggalkan Balasan