Lagi Work From Home (WFH)?, tapi tiba-tiba kepengin ngemil, atau sekadar pesan kopi susu favorit? Dengan adanya jasa ojek online atau ojol, kini kita bisa menikmati makanan yang kita inginkan tanpa perlu keluar rumah.

Tapi, bagaimana bila kita tengah berada di situasi merebaknya wabah virus corona? Amankah makanan yang kita pesan?

Sejatinya, menurut Michael Knight, seorang asisten profesor di George Washington University School of Medicine and Health Sciences, virus corona tak menular melalui makanan, melainkan dari interaksi antar manusia. Belum ada pula penelitian yang menyebutkan kalau virus corona bisa menular lewat makanan.

Namun, kita bisa berisiko terpapar virus, apabila seseorang memegang permukaan atau objek yang mengandung virus tersebut –misalnya saja bungkus makanan– lalu memegang mulut, hidung, dan mata mereka.

Supaya tetap aman dan terhindar dari paparan virus, simak dulu yuk, tips memesan makanan via ojol yang telah kumparan rangkum berikut ini!

1 Manfaatkan layanan contactless delivery

Saat ini, layanan ojek online sudah menerapkan sistem contactless delivery atau pemesanan tanpa kontak demi menghindari penyebaran virus corona. Dengan adanya pilihan contactless delivery ini, kita bisa tetap menjaga jarak dan menghindari interaksi dengan petugas pengantar.

Tinggal informasikan ke petugas untuk meletakkan pesanan di lokasi tertentu, dan tak perlu memberikannya langsung pada kita. Nantinya, mereka akan menunggu kita sampai pesanan diambil, dengan jarak sejauh 2 meter.

2. Gunakan Nontunai

Selalu gunakan metode pembayaran non-tunai saat melakukan pemesanan. Hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri melalui perantara uang kertas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leibniz University Hanover di Jerman menemukan, virus bisa bertahan di sejumlah benda mati, seperti baja, aluminium, kertas, kayu, plastik, lateks, dan kaca. Untuk itu, sebaiknya pilih pembayaran cashless atau non -tunai demi meminimalisir risiko terpapar virus.

3. Selalu Cuci Tangan

Cucilah tanganmu dengan air bersih dan sabun segera setelah mengambil pesanan makanan. Jangan lupa, cuci tangan lagi usai memindahkan bungkusan makanan ke piring.

Sebab, mencuci tangan adalah faktor utama yang bisa melindungi kita dari kontaminasi virus. Pastikan untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik, ya!

4. Terakhir, Berikan Tip untuk Abang Ojol

Saat kita tinggal duduk dan memesan makanan sambil berdiam diri untuk WFH dan di rumah aja, para ojol selalu siap sedia membelikan dan mengantarkan pesanan kita. Tentunya, mereka harus menerima risiko terpapar virus berbahaya.

Tak ada salahnya untuk menunjukkan apresiasi kepada para petugas pengantaran dan ojol dengan memberikan uang tips. Berikan review atau rating yang bagus untuk restoran dan petugas delivery. Sebab, beberapa aplikasi menjadikan rating sebagai patokan untuk pemberian insentif, serta pertimbangan untuk rekomendasi pemesanan.

Tinggalkan Balasan