Era digital memang sudah di depan mata, memaksa berbagai platform untuk ikut menyesuaikan diri. Termasuk aplikasi perpesanan WhatsApp yang kabarnya sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran nontunai alias cashless.

Dilansir dari Republika, Facebook sebagai perusahaan induk WhatsApp dilaporkan mulai mengintegrasikan fitur pembayaran di aplikasi tersebut. Dengan demikian pengguna dimungkinkan untuk membayar tagihan, mengirim uang, atau bertransaksi langsung dari aplikasi perpesanan terpopuler di dunia itu.

Baca Juga: Sebelum Masuk ke Indonesia, Kenal Lebih Dulu Dengan WhatsApp Pay

Kendati demikian, hingga kini baru Brasil yang bisa menggunakan fitur baru tersebut. Hanya saja fitur itu diyakini tidak lama lagi tersedia untuk semua orang.

“Kami senang mengumumkan,” ungkap WhatsApp lewat blog resminya. “Mulai hari ini kami membawa pembayaran digital kepada pengguna WhatsApp di Brasil.”

Dengan fitur tersebut orang akan dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa meninggalkan obrolan mereka. Inovasi baru ini sangat membantu usaha kecil dan mikro di Brasil yang jumlahnya sekitar 10 juta.

Selain melihat katalog, mereka sekarang bisa membayar produk dari WhatsApp. Menyederhanakan pembayaran dapat membantu membawa lebih banyak bisnis ke dalam ekonomi digital dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan.

“Selain itu, kami membuat pengiriman uang kepada orang yang dicintai semudah mengirim pesan,” imbuh aplikasi yang identik dengan logo berwarna hijau tersebut. “Yang tidak bisa lebih penting karena orang secara fisik jauh satu sama lain.”

Pembayaran ini akan terintegrasi dengan Facebook Pay sehingga bisa jadi di masa mendatang dengan satu akun yang sama bisa digunakan di berbagai platform milik Facebook. Untuk keamanan, Facebook menyertakan jaminan keamanan dan PIN atau sidik jari dengan kata sandi enam digit guna mencegah transaksi tidak sah.

Mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp gratis untuk orang-orang. “Kami berharap dapat membawanya ke semua orang saat kami melangkah maju,” pungkas WhatsApp.

Tinggalkan Balasan