Himbauan untuk melakukan physical distancing membuat sebagian besar aktivitas dilakukan dari rumah. Karena itu, transaksi tunai pun dibatasi untuk mengurangi kemungkinan terkena corona. Dalam beberapa hal, banyak masyarakat yang merasa kesulitan dan kerepotan dalam melakukan pembayaran, khususnya terkait tagihan rutin selama masa pandemi.

Karena itulah, Dana berkolaborasi dengan MasterCard untuk mengatasi masalah pembayaran tersebut. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah Simpan Kartu atau Binding Card. Melalui fitur ini, pemegang kartu MasterCard dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman saat melakukan pembayaran tagihan. Di antaranya adalah listrik, telepon, air, internet, TV kabel hingga tagihan gas.

Menurut Dedy Sahat, Business Development Director Dana mengatakan bahwa perusahaan itu terus mengembangkan platformnya untuk siap bersinergi dengan berbagai institusi finansial. Hal ini dilakukan untuk mempercepat aktivitas transaksi nontunai di berbagai situasi.

“Kolaborasi Dana dengan MasterCard menjadi sinergi yang menawarkan manfaat bagi masyarakat luas, termasuk membantu mereka dalam melakukan transaksi pembayaran nontunai secara mudah, praktis, nyaman dan aman dari mana pun, kapan pun, sselama masa pandemi ini” kata Dedy Sahat.

Sama halnya dengan Tommy Singgih, Consultant Mastercard. Ia mengatakan bahwa Mastercard berkomitmen untuk bekerja sama dengan para mitra strategis guna memastikan solusi dan teknologi tersebut dapat diakses oleh semua orang. termasuk juga para pemegang kartu dan pemilik usaha, terutama di sektor UKM. 

Untuk dapat menyimpan kartu Mastercard di aplikasi  Dana, pengguna hanya perlu membuka halaman Saya di Dana, kemudian pilih Kartu Tersimpan kemudian pilih Kartu Baru. Kemudian masukkan detail informasi kartu Mastercard. Pengguna nantinya akan menerima kode OTP melalui SMS. Setelah melakukan konfirmasi, kartu tersebut berhasil disimpan. 

Di tengah pandemi COVID-19, DANA dan Mastercard menghadirkan solusi berupa penyediaan voucher biller senilai Rp30 ribu bagi pengguna DANA yang baru pertama kali menyimpan kartu debit dan atau kartu kredit Mastercard pada fitur Simpan Kartu atau Binding Card. Voucher berlaku untuk minimum transaksi Rp150 ribu dan dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, telepon, BPJS, cicilan-cicilan, internet, asuransi, TV kabel, dan gas. Kuota program ini tersedia untuk 520 pengguna per hari dan berlangsung dari 1 Mei hingga 31 Juli 2020.

“Di luar pembayaran tagihan tersebut, pemegang kartu Mastercard juga dapat memanfaatkan kartu yang tersimpan di dalam aplikasi dompet digital DANA untuk keperluan transaksi nontunai secara digital lainnya. Mereka bisa memanfaatkannya untuk belanja di e-commerce maupun gerai-gerai konvensional yang sudah menerima pembayaran dengan menggunakan DANA, hingga turut bergotong-royong digital mendukung berbagai gerakan kebaikan atau aksi kemanusiaan,” kata Dedy.

Tinggalkan Balasan