Mastercard dan ASEAN National Tourism Organizations (ASEAN NTOs) bekerja sama untuk mempromosikan Asia Tenggara melalui sebuah kampanye yang merayakan keindahan geografis, kekayaan budaya dan peninggalan bersejarah, serta keramahan dari masyarakat di wilayah tersebut. ‘Feel the Warmth’ merupakan sebuah kerja sama selama dua tahun yang mendorong wisatawan untuk merasakan pengalaman yang dapat mengubah liburan – bahkan yang singkat sekalipun – menjadi kenangan yang dapat memperkaya hidup mereka.

Asia Tenggara, yang merupakan ‘rumah’ bagi enam dari 10 destinasi wisata favorit di dunia, memang memiliki keistimewaan tersendiri. Mulai dari beragam tempat wisata ternama di dunia, hidangan gastronomi lokal, petualangan alam, hingga pengalaman berbelanja, jaringan mitra dan merchant Mastercard yang luas akan menawarkan akses ke dalam lanskap yang menakjubkan serta keindahan beragam tradisi di Asia Tenggara.

Kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing dari Tiongkok, India, dan Australia, serta mempromosikan perjalanan lintas koridor utama ASEAN. Sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan pariwisata yang paling cepat di dunia, Asia Tenggara juga menarik sebagian dari pengunjung dengan pengeluaran tertinggi, yang mengunjungi destinasi-destinasi wisata utama maupun lokasi-lokasi yang belum banyak diketahui orang.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi 10 negara anggota kami untuk merayakan Asia Tenggara sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan pariwisata yang paling cepat di dunia,” kata Benito C. Bengzon, Undersecretary, Philippines Department of Tourism, yang juga menjabat sebagai Chair of ASEAN Tourism Marketing Partnership Working Group.

“Melalui kerja sama dengan Mastercard, yang menghadirkan keamanan dan kenyamanan dalam hal pembayaran lintas batas, kami mewujudkan visi kami untuk menciptakan ekonomi ASEAN yang terpadu dan berbagi berbagai pengalaman menarik dengan wisatawan dari seluruh dunia.” tanbahnya.

Membingkai Peluang Perjalanan Asia Tenggara

Program Priceless Cities Mastercard akan menjadi bagian integral dari kampanye ini, sehingga dapat memudahkan para wisatawan dalam menemukan pengalaman baru dan memanfaatkan petualangan mereka sebaik-baiknya. Platform Priceless.com menawarkan banyak pengalaman di kota-kota besar sehingga konsumen dapat menyantap hidangan, berbelanja, menginap, dan bermain sesuai dengan passion mereka masing-masing.

Selain itu, wawasan transaksi Mastercard juga menunjukkan bahwa wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi di Asia Tenggara lebih memilih untuk mengeksplor tempat-tempat wisata baru dibandingkan tempat-tempat wisata yang sudah terkenal.

“Asia Tenggara menawarkan peluang yang luar biasa serta pengalaman untuk bisnis dan konsumen, dan kolaborasi Mastercard dengan Dewan Pariwisata ASEAN akan memberi lebih banyak alasan bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan yang dinamis ini,” kata Audrey Yeo, Vice President, Marketing and Communications, Southeast Asia, Mastercard.

“Mastercard sangat memahami bahwa ketika konsumen memulai petualangan mereka di seluruh wilayah ASEAN, mereka menginginkan kenyamanan dan ketenangan pikiran saat mereka tinggal, berbelanja, makan, dan bermain” tambah Audrey.

Selain diterima di lebih dari tiga juta merchant di wilayah ASEAN, para wisatawan juga dapat menggunakan kartu Mastercard untuk melakukan pembayaran perjalanan lokal dan pembelian dalam jumlah kecil. Sebagai contoh, kartu kredit, kartu debit, dan kartu prabayar Mastercard dapat digunakan untuk membayar bus dan kereta api di Singapura, serta pembayaran elektronik di convenience store di Thailand dan aplikasi taksi di seluruh Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, terutama di kota-kota besar, kartu kredit Mastercard dapat digunakan untuk membayar taksi secara non-tunai. Selain itu, wisatawan asing juga dapat melakukan pembayaran di berbagai merchant di Indonesia, baik dengan kartu debit maupun kartu kredit Mastercard.

Kerja sama Mastercard dengan ASEAN NTOs dibangun berdasarkan kolaborasi antara kedua organisasi yang sudah terjalin sebelumnya, Visit ASEAN@50: Golden Celebration, yang menyatukan para pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan program Priceless Cities global untuk mencapai hubungan universal dengan para konsumen dari berbagai negara, bahasa, dan budaya.

Tentang ASEAN National Tourism Organizations (ASEAN NTOs)

Pembukaan pertemuan ASEAN NTOs ke-49 Tahun 2019 di Vietnam (foto: Google)

ASEAN National Tourism Organizations (ASEAN NTOs) merupakan organisasi pariwisata nasional dari 10 negara Asosiasi di Asia Tenggara, yang bekerja sama dalam pengembangan pariwisata di kawasan ini. 10 negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Tujuan utama dari kerja sama pariwisata ASEAN adalah untuk mengembangkan dan mempromosikan Asia Tenggara sebagai tujuan wisata tunggal dengan standar kelas dunia; serta untuk meningkatkan kerja sama pariwisata di antara negara-negara anggota, yang melibatkan sektor publik dan swasta untuk mencapai fasilitas perjalanan intra-ASEAN dan perdagangan bebas serta investasi dalam layanan pariwisata.

Tinggalkan Balasan