Gaya hidup modern bergerak serba cepat. Masyarakat membutuhkan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam segala kegiatan. Termasuk urusan transaksi keuangan.

Menyikapi perubahan gaya hidup masyarakat yang demikian, banyak lembaga jasa perbankan menawarkan sistem transaksi keuangan yang easy going. Salah satunya mempertajam layanan nontunai.

Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) sebagai salah satu perbankan BUMN turut membidik segmen nontunai lewat produk layanan bernama Jenius. Aplikasi perbankan ini memungkinkan pengguna melakukan aktivitas finansial semudah swipe up-swipe up di smartphone.

Pengguna bebas mengatur saldo sesuai kebutuhan. Melakukan top up untuk menambah saldo dan pilih refund untukmengembalikan uang ke Saldo Aktif. Pengguna juga bisa mengatur limit belanja dan limit penarikan harian untuk setiap Kartu Debit Jenius.

Kemudian, semua transaksi (internal dan eksternal) di Saldo Aktif bisa ditelusuri. Pengguna bisa melihat daftar permintaan atau pengiriman uang yang sudah dijadwalkan.

Selain itu, pengguna bisa melihat seluruh catatan transaksi keuangan di aplikasi Jenius maupun Kartu Debit Jenius lewat fitur Statement . Pengguna bisa mengirim e-Statement ke e-mail,SMS, atau aplikasi chatting jika dibutuhkan.

Jenius menawarkan beragam fitur layanan transaksi, seperti $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, SplitBill, eCard, dan lain-lain. Berikut uraiannya:

Send It

Dengan fitur Send It, kirim uang dan bayar tagihan bisa dilakukan dari smartphone. Bayar tagihan telepon, kartu kredit, e-commerce, internet, televisi berlangganan, transportasi, dan isi pulsa dari Jenius app.

Pay Me

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim permintaan uang dari smartphone. Seperti menagih utang, misalnya. Pengguna juga bisa melacak apakah permintaan uang sudah dibayar, atau mengirim pengingat jika dibutuhkan.

Split Bill

Mengkoordinir patungan belanjaan. Jenius memungkinkan pengguna berbagi tagihan makan atau bagi uang patungan ke sesama Jenius dengan $Cashtag, atau dengan nomor handphone/alamat e-mail ke yang belum pakai Jenius.

Jenius Pay

Jenius Pay adalah cara baru bertransaksi online menggunakan $Cashtag sebagai identitas pembayaran tanpa perlu kartu debit atau kredit.

Melalui dua langkah sederhana, yaitu Request atau mengirim permintaan uang dan Pay atau membayar permintaan uang, pengguna bisa lebih cepat melakukan transaksi.

E-Wallet

Di e-Wallet Center, pengguna bisa top up saldo dengan nominal fleksibel dan menambah atau mengatur hingga 10 e-Wallet tanpa langkah panjang.

BTPN pertama kali meluncurkan aplikasi Jenius pada 2016. Jenius terus diluaskan jangkauannya ke berbagai kota seperti Bandung dan Surabaya. Investasi digital yang dikeluarkan perseroan sejak 2015 sampai dengan Juni 2018 mencapai Rp2,12 triliun untuk pengadaan infrastruktur digitalisasi layanan perbankan, pengembangan BTPN Wow! dan Jenius.

Pada Mei 2018, BTPN mengembangkan  fitur kirim uang Moneymoji pada Jenius. Moneymoji merupakan kombinasi layanan kirim uang dengan animasi. Penggabungan antara fitur kirim uang send it dengan beberapa animasi.

Dengan adanya fitur kirim uang di produk digital banking Jenius, diharapkan masyarakat bisa berbagi secara lebih personal.  Ide fitur ini berasal dari hasil survei online yang dilakukan oleh Jenius terhadap360 penggunanya.

Tinggalkan Balasan