Herry Trisaputra Zuna Foto: (Tribunews)

Setelah diresmikan akhir tahun lalu, tujuh ruas tol Trans Jawa hingga kini masih dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat yang hendak ke Surabaya dan sebaliknya. Namun, mulai Senin, 21 Januari 2019, mendatang tol yang menghubungkan Jakarta-Surabaya itu akan dikenakan tarif normal hingga Rp 660.000.

Pemberlakuan tarif tol dengan jarak tempuh 10 hingga 12 jam tersebut disampaikan Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga. Dia mengatakan, pihaknya akan mengenakan tarif tol terjauh yakni dari Jakarta-Surabaya sebesar Rp. 550.500.

“Dengan adanya tarif baru untuk seluruh ruas-ruas trans Jawa yang kemarin diresmikan, maka tarif Jakarta (Tol Japek) sampai Surabaya (gerbang tol Waru Gunung) adalah Rp660.500. Adapun Merak sampai Grati Rp775.500,” kata Heru seperti dikutip viva.co.id, Sabtu 19 Januari 2019.

Penetapan tarif tesebut, sambung Heru, telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengatur Tol Kementerian PURP. “Sudah (disetujui BPTJ),” ungkap dia.

Hal senada juga disampaikan Herry Trisaputra Zuna selaku Kepala Badan Pengatur TOL (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Zuma mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah lebih dulu dilakukan perhitungan dengan para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Kemudian, lanjut dia, setelah perthitungan dianggap selesai, keputusan tersebut dikuatkan pula oleh Keputusan Menteri PUPR. Sebelumnya, ruas Trasn Jawa ini digratis kan selama satu bulan kepada pengendara dengan hitungan tarif per kilometer hanya Rp. 1000 dengan tambahan diskon sebesar 15 persen.

Berikut Sejumlah harga Tol Japek

Tinggalkan Balasan