Penyebaran virus corona telah mengubah banyak hal. Mulai dari gaya hidup, cara bersosialisasi, hingga pola hidup konsumen.

Youtap Indonesia, perusahaan teknologi digital pertama yang memfokuskan layanannya untuk membantu kebutuhan pelaku usaha merilis 3 pola hidup konsumen yang berubah sejak pandemi virus corona (Covid-19).

Media Transaksi

Data Youtap menunjukkan bahwa transaksi non-tunai di Indonesia naik signifikan hingga 129 persen. Data internalnya menemukan kenaikan transaksi non-tunai di platform tercatat dari 16 Maret hingga 22 Maret 2020. Hal ini dikarenakan konsumen meminimalisir penuralan virus lewat uang.

Penurunan aktivitas luar rumah

Data lain Youtap Indonesia juga menunjukkan adanya penurunan aktivitas merchant yang cukup signifikan, terutama bagi merchant yang bergerak di bidang jasa seperti laundry, bengkel, toko baju, dan rumah makan. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung membatasi aktifitas di luar rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Kebiasaan belanja

Selain tren transaksi nontunai yang naik, data juga mencatat terjadinya perubahan kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Sebelum pandemi Covid-19, transaksi paling banyak terjadi pada jam makan siang, sekitar pukul 12.00 WIB, dan jam pulang kantor sekitar 17.00 WIB. 

Sedangkan setelah pengumuman kasus positif, 42 persen konsumen lebih memilih untuk menghindari jam-jam ramai tersebut dan mulai berbelanja pada jam-jam yang biasanya sepi, seperti jam 15.00 WIB.

Tinggalkan Balasan