Sudah tidak asing lagi, pemrosesan transaksi nontunai dengan kartu debit di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, dilakukan secara internasional. Ini dikarenakan selama ini masih menggunakan jasa dari sistem transaksi atau pembayaran milik asing seperti Visa, MasterCard, JCB, UnionPay, dan lainnya.

Namun, kali ini Indonesia telah memiliki national payment gateway sendiri atau biasa disebut GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Artinya, semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu debit sudah terintegrasi dengan pengunaan jasa dalam negeri sendiri.

Apa itu GPN?

Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung. Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? ontunai punya solusinya!

Transfer dan Bayar dengan Kartu Debit Beda Bank jadi Murah

Selama ini, transaksi menggunakan kartu debit yang dilakukan di mesin EDC (Electronic Data Capture) dari bank lain, akan dikenakan sekitar 2-3% dari transaksi. Ini disebabkan, karena kartu-kartu debit yang ada masih menggunakan jasa pemrosesan transaksi nontunai secara internasional seperti Visa, MasterCard, dan lainnya.

Maka, tak heran bila hampir semua kartu debit yang dikeluarkan bank selama ini terdapat logo Visa atau MasterCard, serta lainnya itu. Dan tentu, ada biaya yang harus dibayarkan.

Tarif Transaksi Nontunai Turun jadi 1%, Bahkan 0%

Agus DW Martowardojo, saat masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada akhir tahun 2017, menyatakan bahwa dengan GPN ini, maka akan mengurangi biaya transaksi nontunai kartu debit menjadi sekitar 1% atau turun satu hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya untuk transaksi ritel.

GPN sendiri sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2017 dan berlaku pada 1 Januari 2018.

Diharapkan, pertengahan tahun ini semua bank yang sudah memperoleh izin menggunakan logo GPN, akan mengeluarkan kartu debit berlogo national payment gateway ini.

Tinggalkan Balasan