Musim arus mudik dan liburan telah datang. Bagi Kamu yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih, alangkah baiknya memastikan ketercukupan saldo e-Toll sebelum bepergian dan melintas di jalan tol. Ada tiga pilihan cara mudah untuk mengisi e-Toll yang gak buat kamu pusing dan ribet.

Perlu diketahui, pemerintah telah menetapkan transaksi non tunai (cashless) di ruas tol seluruh Indonesia sejak akhir Oktober 2017 lalu. Oleh sebab itu, usahakan saldo e-Toll yang Kamu miliki tetap mencukupi nominalnya, agar tak membuat antrean pembayaran di gerbang tol otomatis (GTO).

Berikut rangkuman dari Nontunai.com, mengenai cara top up e-Toll secara praktis beserta lokasi pengisiannya.

1. Isi saldo via ATM & Bank

Ilustrasi tampilan ATM (foto: Google)

Tentu saja, kamu bisa melakukan pengisian ulang saldo uang elektronik ini melalui ATM dan cabang-cabang bank penerbit uang elektronik, di antaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BCA. Pastikan kembali ATM yang Kamu datangi tertera scanning logo e-Money yang terdapat pada mesin.

Langkah pertama ialah memasukkan kartu debit ATM, kemudian masukkan PIN untuk mengakses menu. Setelah itu tekan menu ‘Uang Elektronik’ dan tekan ‘Top Up’.

Selanjutnya, masukkan nominal pengisian saldo uang elektronik sesuai dengan yang Kamu kehendaki. Lalu, tempelkan kartu e-Toll pada tempat scanning uang elektronik tersebut.

Jika sudah, maka kartu akan terdeteksi dan pilih Ya untuk melakukan pengisian ulang. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan struk dikeluarkan dari mesin ATM.

2. Isi saldo e-Toll di handphone

Ilustrasi via handphone (foto: Jalantikus.com)

Cara isi ulang e-Toll Bank Mandirimelalui telepon pintar bisa dilakukan dengan 3 cara, yakni dengan sms banking mandiri, melalui aplikasi e-Money Mandiri isi ulang dan juga terpraktis adalah melalui aplikasi Mandiri Online. Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan apabila kamu telah terdaftar sebagai pengguna mandiri online.

Kamu bisa mengisi e-Money atau e-Toll Card melalui handphone Android, meskipun tidak semua gadget bisa melakukannya, karena membutuhkan hardware khusus yang bernama NFC.

Kalau sudah memenuhi persyaratan di atas, silakan mengisi saldo uang elektronik dengan HP Android berfitur NFC. Kemudian download aplikasi Mandiri Online di GooglePlaystore.

Tempelkan kartu e-Toll ke bagian belakang HP dengan fitur NFC aktif. Setelah itu akan menyebut secara otomatis jumlah nominal uang yang terdapat dalam e-Money Kamu.

Selanjutnya, tinggal tekan fitur isi saldo e-Money sesuai dengan angka yang Kamu butuhkan.

Perlu diingat, kartu e-Money jangan sampai terlepas dari belakang handphone sampai benar-benar uang elektronik Kamu telah berhasil ‘Top Up’.

3. Isi saldo di mini market

Ilustrasi mengisi saldo (foto: Google )

Ini dia cara terpraktis untuk ‘Top Up’ saldo e-Toll. Kamu cukup mendatangi Indomaret, Alfamart, Lawson, dan waralaba lainnya yang menyediakan pengisian uang elektronik.

Kamu cukup bilang ke kasir untuk melakukan ‘Top Up’ e-Money sesuai dengan nominal yang diinginkan. Setelah transaksi selesai, jangan lupa ambil struk e-Toll, guna memastikan saldo yang terisi sesuai dengan rupiah yang telah Kamu keluarkan.

Tinggalkan Balasan