Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan tumbuh hingga US$100 miliar, hampir Rp140 tiliun pada tahun 2025 atau lebih besar dari hitungan awal yang telah dilakukan sebelumnya.

Hal itu disampaikan dalam laporan bersama Google dan Temasek Holdings, dalam Insights for Brands 2018. Peningkatan tersebut didorong oleh jumlah transaksi nontunai yang terus tumbuh secara signifikan, terutama pertumbuhan e-commerce, dan travel online, sebagai salah satu penggerak utama pertumbuhan pembayaran online dan uang elektronik.

Selain itu, laporan kali ini mencantumkan meningkatnya pertumbuhan jumlah aplikasi digital sejak 2010 seperti Digital Finane Apps, dan e-money apps. Digital Finance Apps, tulis mereka, tumbuh hingg 6x. Sedangkan e-money apps, meningkat 1,5 x dari tahun ke tahun dalam pencarian aplikasi e-money di google search sejak 2017.

Laporan ini juga menuliskan bahwa, begitu banyak produk ideal di negara seperti Indonesia yang terus bertumbuh. Meskin pun masih banyak populasi masyarakat Indonesia yang menjadi bagian dari sistem keuangan formal, hal itu tidak akan mempengaruhi tumbuh suburnya transaksi digital atau istilah penggunaan uang elektronik berbasis nontunai.

Sebagai ekonomi internet terbesar dan paling cepat berkembang di Asia Tenggara, Indonesia membuat langkah cepat dalam pertumbuhan digital dan konektivitas.

Saat ini, internet telah menjadi bagian integral dari sejumlah besar kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Mereka menggunakannya untuk mencari produk, topik penelitian yang menarik, membeli produk, memuaskan kebutuhan hiburan mereka, dan memperoleh keterampilan baru melalui tutorial online. Internet menjadi kekuatan pendorong bagi banyak sektor ekonomi negara karena digital memengaruhi perjalanan pembelian sejumlah besar orang Indonesia.

Sangat penting bagi bisnis untuk memahami perilaku online orang Indonesia dan menyesuaikan bisnis mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Laporan Tahun Penelusuran: Wawasan untuk Merek 2018 adalah ringkasan terperinci tentang apa yang dicari orang Indonesia secara daring. Laporan ini adalah bacaan penting bagi semua bisnis dan merek yang ingin berhasil dan tumbuh di pasar Indonesia yang berkembang pesat.

Dengan pertumbuhan tersebut, google membuat pemetaan lima hal yang paling tren yang terjadi sepanjang tahun 2018. Apa saja hal tersebut?

1. Melakukan pencarian dari Smartphone

  • Mencari informasi melalui smartphone
  • Kecepatan situs menjadi hal utama pencarian

2. Siapapun pakai Internet

  • Masyarakat yang ada di kota kecil juga menggunakan melek internet
  • Naiknya pertumbuhan pencarian wisata hingga 150 persen dari mayarakat.
  • Banyaknya stereotip yang ditentang oleh pengguna internet dan keputusannya dalam berbelanja.

4. Mencari tahu sebelum membeli barang

  • Kata kunci “review” di penelusuran YouTube sebesar naik sebesar140%,
  • Pencarian kata “kupon”, “diskon” dan “kode promo” di Google Search juga meningkat
  • Kenaikkan penelusuran kata kunci “terdekat” sebanyak 12 kali lipat.

5. Tumbunya beragam e-money

  • Tumbuhnya perusahaan fintech
  • Jumlah aplikasi meingkat sebesar 6 kali lipat dalam delapan tahun terakhir
  • Pertumbuhan pencarian untuk topik e-money juga meningkat sebesar 150%.

Tinggalkan Balasan