Waktu cepat bergulir. Tak terasa, kini sudah masuk penghujung tahun 2019. Pasti kamu sudah punya agenda untuk mengisi libur panjang akhir tahun dong.

Membuat keseruan akhir tahun banyak caranya, seperti pergi jalan-jalan, mudik ke kampung halaman, nonton konser, naik gunung, atau berkumpul bersama keluarga di rumah sambil evaluasi diri.

Buat penggila belanja, akhir tahun sih gudangnya sale. Serbuan promo diskon atau potongan harga hingga 90%, cashback, sampai special price, baik di toko-toko online dan offline bisa menggoda iman. Contohnya event pesta belanja online terbesar di Indonesia, Harbolnas 12.12 yang jatuh setiap tanggal 12 Desember. 

Belum puas, tenang. Biasanya ada promo belanja menjelang Natal. Tidak berhenti di situ, setelah Natal, akan ada diskon cuci gudang akhir tahun. Promo bertuliskan ‘End of The Year Big Sale’ akan terpampang besar di sudut toko di pusat perbelanjaan.  

Aneka promo pun makin menggila di merchant makanan dan minuman. Perut kenyang, dompet tenang. Makan minum hemat berkat aksi ‘bakar duit’ perusahaan dompet digital maupun bank penerbit kartu kredit yang bekerja sama. Lumayan kan, buat teman nongkrong sembari menikmati malam pergantian tahun.

Tentu saja, semua aktivitas akhir tahun tersebut membutuhkan anggaran. Pertanyaannya, apa kamu yakin gak akan khilaf karena tergoda promo yang bertebaran? Tenang, kamu bisa tetap gaul, happy tapi hemat belanja dan jajan dengan cara praktis ini:

1. Buat ‘Wish List’ Aktivitas Akhir Tahun

Buatlah catatan wish list berupa daftar kegiatan atau belanja. Cara ini akan melatih dirimu dalam mengelola keinginan dan membuatnya menjadi punya tujuan. Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengetahui apakah daftar belanja tersebut selaras dengan kebutuhanmu atau tidak. Sertakan juga alasan dan tentukan kisaran bujet agar keuanganmu tetap terkendali.

Berikut contoh cacatan wish list:

  • Wish List Beli Gawai Idaman

Tujuannya mendukung pekerjaan dan hobi biar makin produktif dan update fitur kekinian. Misalnya membeli smartphone atau kamera mirrorless. Beli pas diskon Harbolnas 12.12, bujet sebesar Rp10 juta.

  • Wish List Travelling.

Tujuannya berlibur ke destinasi wisata impian, menambah pengalaman hidup, mencari inspirasi, bonusnya bisa ketemu jodoh. Misalnya membeli tiket pesawat ke Jepang, pesan city tour trip dan hostel di agen travel online dengan bujet Rp10 juta.

  • Wish List Sayangi Diri Sendiri

Tujuannya perawatan diri dari dalam agar lebih rileks, tampak awet muda meski usia terus bertambah. Misalnya, membeli satu set perawatan skin care, supplement vitamin dengan bujet Rp2 juta.

2. Biar Untung, Gunakan Kartu Kredit saat Transaksi

Setelah kamu mengetahui apa yang kamu butuhkan, segera lakukan aksi nyata untuk wujudkan. Contohnya, cek harga barang yang kamu incar di beberapa e-commerce, bandingkan harga, baca review barang tersebut, temukan toko tepercaya, dan simpan barang tersebut.

Kapan membelinya? Tunggu saja hingga promo Harbolnas dimulai. Siapa tahu harga barang tersebut jadi jauh lebih murah. Agar kamu makin untung, gunakan kartu kredit untu setiap transaksi. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati langsung

Tinggalkan Balasan