Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu  meresmikan Digital Island di area wisata Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Rabu (30/10/2019). Nantinya masyarakat akan merasakan kemudahan Bertransaksi Nontunai di Kepulauan Seribu.

Peresmian Digital Island merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT Ke-18 Kabupaten kepulauan Seribu yang akan diselenggrakan pada 10 November mendatang.    

Kepala BI Perwakilan DKI Jakarta, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, peresmian Digital Island untuk mendukung terwujudnya Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan mendorong adanya kemudahan transaksi bagi wisatawan maupun warga bertransaksi dengan lebih muda, aman dan efesien.

Peluncuruan digital island di Pulau Tidung/Foto: beritajakarta.id

“Peresmian Digital Island dilatarbelakangi bahwa Kepulauan Seribu merupakan kawasan strategis daerah Pemprov DKI Jakarta dan salah satu destinasi tujuan wisata nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat,” ujar Hamid saat memberikan sambutan.  

Dikatakan Hamid, peluncuran Digital Island di Kepulauan Seribu akan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan berwisata di Kepulauan Seribu, melalui peningkatan pelayanan sistem pembayaran transaksi non tunai.

“Penggantian QR code menjadi QRIS untuk mempermudah warga maupun wisatawan karena bisa diakses oleh semua perbankan. Dan ini pertama kali diresmikan di Kepulauan Seribu,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, mengapresiasi peresmian Digital Island oleh Bank Indonesia (BI) di Pulau Tidung.

Digital Island memberikan kemudahan bertransaksi bahwa orang ke Pulau Seribu tak perlu bawa uang kontan dan ini merupakan lompatan yang luar biasa,” ujar Husein Murad.

Ditambahkan Husein, dengan adanya Digital Island ini diharapkan semua jenis transaksi mulai dari belanja barang (souvenir), makanan dan minuman di Kepulauan Seribu bisa bertransaksi secara non tunai.

“Kini masuk warung atau kantin di lokasi wisata Jembatan Cinta sudah bisa membayar secara non tunai dengan menggunakan JakOne mobile,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan