Setelah tadi pagi resmi meluncurkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI dengan pecahan Rp75.000, Bank Indonesia langsung mengedarkan uang tersebut mulai hari ini pukul 15.00 WIB.

UPK 75 Tahun RI ini dapat dimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautanĀ https://pintar.bi.go.id.

Satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai hari ini, 17 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB.

Berikut mekanisme penukaran uang edisi khusus pecahan Rp75.000:

  1. Warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Setiap pemilik KTP hanya dapat menukarkan 1 lembar uang pecahan Rp75 ribu yang menjadi uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI.
  3. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang pecahan Rp 75 ribu melalui aplikasi PINTAR.
  4. Pastikan Anda mendapatkan bukti pemesanan. Simpan bukti pemesanan dalam bentuk cetak atau digital.
  5. Lakukan penukaran uang secara langsung pada lokasi dan tanggal yang telah disesuaikan yang tertera pada bukti pemesanan.
  6. Pastikan Anda membawa KTP asli dan buktu pemesanan. Siapkan uang tunai senilai Rp75 ribu.
  7. Penukaran uang dilakukan dengan senantiasa menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Penukaran uang dapat dilakukan di seluruh Kantor Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020.

Selanjutnya, mulai 1 Oktober 2020, penukaran dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia. Yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, dan Bank CIMB Niaga.

Tinggalkan Balasan