Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang sangat penting buat Anda untuk tetap membayar zakat, karena semakin banyak mustahik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membayar zakat secara online.

Salah satu badan milik negara yang ditugaskan untuk mengelola, mendistribusikan, dan mendayagunakan zakat adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

BAZNAS merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

UU Nomor 23 Tahun 2011 semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

Lalu bagaimana cara membayar zakat melalui BAZNAS secara online? Simak cara lengkapnya di bawah ini ya:

1. Akses laman BAZNAZ

Untuk bisa melakukan pembayaran zakat secara online, tentu kamu harus mengunjungi website https://baznas.go.id. Setelah itu, klik menu merah “BAYAR ZAKAT” di sudut kanan atas.

2. Lengkapi data pembayar zakat

Setelah memilih metode pembayaran zakat, kamu bisa klik “BAYAR ZAKAT” dengan menggunakan 1 dari 3 cara pembayaran online yaitu Transfer, Online Payment, atau QR Code.

Setelah itu kamu akan diminta untuk melengkapi data seperti Jenis Zakat, Nominal Zakat, Identitas Penyumbang Dana, Nama, Nomor Handphone, serta Alamat E-mail.

3. Klik “BAYAR”

Kemudian kamu bisa klik menu “BAYAR” dan pilih metode pembayaran yang menurut kamu paling mudah melalui GoPay, Jenius, Mandiri Bill Payment, BCA Virtual Account, BNI Virtual Account, atau Permata Virtual Account.

4. Klik “CONTINUE

Klik tombol “CONTINUE”. Apabila kamu memilih untuk membayar menggunakan Virtual Account dari bank, kamu bisa menentukan cara pembayarannya apakah menggunakan ATM, internet banking, atau mobile banking.

5. Nomor rekening pembayaran

Tahap terakhir dari proses ini adalah, kamu diminta untuk klik “SEE ACCOUNT NUMBER” dan lakukan prosedur pembayaran sesuai dengan cara yang sudah dipilih.

6. Lakukan pembayaran

Setelah itu, kamu bisa klik “PLEASE COMPLETE PAYMENT” dan lakukan pembayaran dengan memasukkan nomor kode pembayaran yang muncul di layar sebelum melewati batas waktu yang telah ditentukan oleh sistem. Selesai deh.

Alternatif zakat online lainnya

Itu tadi cara mudah membayar zakat secara online melalui BAZNAZ. Namun, kalau kamu mau cari cara lain yang lebih mudah untuk membayar zakat, ada banyak alternatifnya kok.

Beberapa perusahaan e-commerce serta pengembang aplikasi di Indonesia sudah mengumumkan mampu memfasilitasi kamu dalam membayar zakat.

Kamu yang mau membayar zakat menggunakan aplikasi bisa melalui: Kitabisa.com, Gopay, Gopoints, Gotix, OVO, T-cash, Kaskus, Invisee, Lenna, Mcash, Wisata Muslim, Oorth, dan Asuransi Jasindo Syariah.

Sementara perusahaan e-commerce  yang melayani penyaluran zakat antara lain Elevenia.co.id, Blibli.com, Shopee.co.id, Tokopedia.com, Lazada.com, JD.id, dan Bukalapak.com.

Semakin mudah bukan, membayar zakat kamu? Tunggu apa lagi? Buruan bayar zakat sekarang!

Tinggalkan Balasan