Bukan hal asing lagi di era digital ini segalanya bisa dilakukan dengan mudah, tak terkecuali urusan kirim uang. Bila biasanya transfer uang itu selalu dikenakan biaya, kini kirim uang bisa gratis!

Omong-omong soal transfer, bank harus bersaing dengan para perusahaan teknologi keuangan (fintech) yang sudah mulai menjamur di Indonesia. Hal ini seolah menjawab kebutuhan sehari-hari yang lebih efektif dan efisien untuk urusan transaksi.

Tengok saja, hampir setiap orang sekarang ini sepertinya tak bisa lepas dari gadget. Mulai dari mencari kabar terkini hingga bertransaksi keuangan secara elektronik hanya semudah mengetukkan jari di layar smartphone.

Lalu, fintech apa saja yang bisa digunakan untuk transfer secara gratis itu? Sebelum itu, simak ulasan nontunai.com berikut ini.

Tarif Transfer di Bank

Sesuai peraturan yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) pada 31 Juni 2019 dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No.21/12/PADG/2019 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia, disebutkan biaya transfer yang dibayarkan nasabah ke bank ditentukan maksimal Rp3.500.

Ini dimaksudkan biaya transfer beda bank. Jika sesama bank sudah tentu tidak ada biaya transfer yang dikenakan. Biaya transfer beda bank selama ini sebesar Rp6.500 hingga Rp7.500.

Tentu saja ini sangat bertolak belakang dengan yang ditawarkan fintechdompet digital. Dengan fungsi yang sama, yakni bisa digunakan untuk menyimpan uang, bahkan bisa juga buat belanja dan transaksi keuangan lainnya seperti transfer dana, fintech ini justru memberikan layanan gratis untuk transfer dana ke lain akun.

Daftar Fintech yang Beri Layanan Transfer Gratis

Fintech yang kerap disebut dompet elektronik ini makin eksis saja kiprahnya di Tanah Air. Hampir setiap orang yang selama ini tidak bankable bisa memiliki akun yang fungsinya hampir sama dengan rekening bank.

Penasaran dengan fintech yang beri layanan transfer gratis? Berikut adalah daftarnya:

1. OVO

Aplikasi pembayaran atau transaksi keuangan yang merupakan dompet elektronik di bawah PT Visionet Internasional, OVO, ini menggratiskan transfer uang ke rekening bank maupun transfer antar pengguna OVO.

Namun, OVO hanya bisa menampung saldo sebesar Rp10.000.000 saja di OVO Cash. Tentu saja, jika ingin mengisi (top-up) saldo tidak bisa lebih dari nominal yang sudah ditentukan itu.

2. Jenius

Jenius merupakan dompet digital yang dilengkapi dengan fitur perbankan seperti menabung hingga transaksi kartu debit Visa dan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Artinya, aplikasi Jenius ini bisa digunakan untuk bertransaksi internasional karena dilengkapi dengan adanya Visa.

Aplikasi dompet digital yang merupakan produk dari BTPN ini tidak dibatasi besar dana yang bisa disimpan sebagai saldo. Pun demikian, fintech ini menggratiskan biaya transfer ke bank atau sesama akun Jenius.

3. Digibank

Hampir sama dengan Jenius, aplikasi Digibank untuk juga bila digunakan untuk transfer ke beda bank secara gratis. Bisa dibilang, aplikasi Digibank ini relatif lengkap dengan fitur deposito hingga investasi.

Digibank merupakan produk dari Bank DBS. Untuk saldo yang bisa ditempatkan dalam Digibank juga tidak ditentukan maksimalnya, sehingga bisa mengisi aplikasi ini bisa sesukanya.

4. DANA

Platform pembayaran atau transaksi digital DANA juga secara garis besar sama dengan dompet digital lainnya. Aplikasi DANA juga bisa digunakan transfer gratis ke rekening bank maupun ke sesama akun DANA lainnya.

Namun sayangnya dompet digital di bawah PT Elang Sejahtera Mandiri ini hanya bisa menyimpan saldo maksimal sebesar Rp2.000.000 saja untuk akun DANA Biasa dan maksimal Rp10.000.000 untuk akun DANA Verified.

5. LinkAja

Aplikasi dompet digital yang bisa melakukan transfer dana secara gratis ke bank atau ke akun aplikasi yang sama sebelumnya bernama T-Cash. Sama seperti dompet digital pada umumnya, LinkAja juga bisa digunakan untuk transaksi keuangan atau belanja.

Produk teknologi finansial keluaran PT Fintek Karya Nusantara ini menetapkan maksimal saldo yang ada dalam aplikasi LinkAja sebesar Rp10.000.000 untuk Full Service dan Rp2.000.000 untuk yang Basic Service.

6. Go-Pay

Berbeda dengan GO-PAY yang berada dalam naungan PT Dompet Anak Bangsa ini, istilah yang digunakan untuk transfer uang ke rekening bank adalah menarik saldo, dengan ikon ‘Withdraw’ pada aplikasi. Saldo dalam GO-PAY ditarik dan dipindahkan ke nomor rekening bank yang dituju.

Penarikan dan pemindahan saldo GO-PAY ini pun tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jumlah saldo yang ada di aplikasi GO-PAY ini dibatasi hanya maksimal Rp1.000.000 untuk akun yang tidak terverifikasi (Unverified) dan maksimal Rp5.000.000 untuk akun yang Verified).

Tinggalkan Balasan