Bank BNI menyambut baik rencana operator Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, yang akan mewajibkan pembayaran layanan parkir kendaraan secara nontunai mulai 1 Januari 2020 mendatang.

Pemimpin Cabang BNI Pekanbaru Alkab Mansyur menjelaskan dengan adanya aturan tersebut, pihaknya dapat mengimplementasikan produk uang elektronik BNI TapCash bagi pengunjung di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.


“Kami bisa implementasikan Tapcash untuk pembayaran parkir bandara Pekanbaru, karena sejak 2017 kami sudah hadir dan memasang alat tap di pintu bandara,” ujarnya

Alkab menambahkan selain bandara, saat ini Bank BNI sudah menjajaki peluang kerja sama sistem pembayaran nontunai berbasis kartu dengan pengelola bus Trans Metro Pekanbaru, dan sudah sampai pada tahapan persiapan oleh operator bus.

Dengan adanya layanan pembayaran nontunai ini, dia  meyakini banyak dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat. Dampak positif itu misalnya terhindar dari uang palsu, uang lusuh, kemudian hemat waktu karena transaksi menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu uang kembalian.

Bagi perusahaan yang menerapkan sistem pembayaran non tunai, dinilai juga akan mendapatkan dampak positif, misalnya dari penghematan jumlah tenaga kerja dengan konversi sistem yang dilakukan.

“Misalnya di awal butuh lima orang untuk menjalankan sistem pembayaran tunai, sekarang tinggal dua orang saja yang akan mengawasi jalannya sistem pembayaran nontunai,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan