Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta resmi meluncurkan Jaket Bus (Jakarta Electronic Ticketing Bus). Ini merupakan sistem e-ticketing untuk pemesanan tempat duduk di bus.

Namun layanan tersebut saat ini baru tersedia di terminal Pulogebang sebagai pilot project atau percontohan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyebutkan, ke depannya sistem e-ticketing tersebut akan diterapkan di seluruh terminal di Indonesia, tidak hanya di Jakarta.

“Kita melaunching memang belum besar untuk bangun satu sistem e-ticketing yang lebih baik di terminal terminal yang ada di Indonesia dan sebagai pilot project yang ada di Pulogebang ini,” katanya.

Dengan adanya Jaket Bus, masyarakat dapat membeli tiket bus secara online dan nontunai atau cashless. “Dan ini ada untuk mempercepat mempersingkat dan mempermudah masyarakat kita sekarang ini dalam rangka untuk mendapatkan tiket ke semua jurusan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan penerapan sistem e-ticketing di terminal menjadi salah satu tugas yang diperintahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk secepatnya diterapkan.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan perubahan tidak hanya menyangkut masalah sistemnya juga ada termasuk bagaimana ekosistem yang ada di terminal terutama di Pulogebang ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan Jaket Bus akan segera diterapkan di seluruh terminal yang ada di wilayah Ibu Kota.

“System e-ticket electronic ticketing system Jaket bus merupakan satu bagian dari Jakarta terminal integrated system yang kita akan diimplementasikan tidak hanya di Pulogebang tapi di seluruh terminal di Jakarta,” ujarnya.

Dengan adanya Jaket Bus, dia berharap masyarakat yang hendak bepergian menggunakan moda angkutan bus menjadi lebih nyaman dan lebih mudah dalam mendapatkan informasi perjalanan.

“Kita harap masyarakat mendapatkan informasi perjalanan yang dimudahkan dan yang paling penting adalah adanya kemudahan beli tiket, tiket sisa berapa, bisa memilih tempat duduk mana yang masih kosong dan masih bisa dipilih,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan