Di tengah wabah virus Corona, Anda dianjurkan untuk melakukan physical distancing dengan tidak keluar rumah, kecuali untuk hal yang penting, misalnya berbelanja bahan makanan.

Namun, hal ini juga perlu dilakukan dengan hati-hati. Simak tips berbelanja bahan makanan selama pandemi COVID-19 berikut ini. Sejak pemerintah memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hampir seluruh aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dilakukan di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Virus Corona.

Meski demikian, tempat penjualan kebutuhan pokok, seperti pasar, supermarket, minimarket, dan toko bahan pangan, tetap diizinkan untuk beroperasi selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: https://www.nontunai.com/sering-boros-ini-tips-mengontrol-pengeluran-di-era-dompet-digital/

Masyarakat juga masih diperbolehkan untuk pergi ke tempat-tempat tersebut untuk membeli persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, Anda perlu tetap waspada dan melakukan langkah-langkah pencegahan COVID-19 agar tidak tertular virus Corona saat berbelanja.

Tips Berbelanja Bahan Makanan dengan Aman Untuk mencegah penularan virus Corona, berikut ini adalah tips berbelanja bahan makanan selama pandemi Covid-19.

1. Pastikan Diri Sendiri Sehat

Sebelum pergi ke luar rumah untuk berbelanja bahan makanan, pastikan diri Anda dalam keadaan sehat. Jika Anda menderita gejala COVID-19, yaitu demam, batuk, pilek, atau sesak napas, disarankan untuk tidak keluar rumah dan menjalani isolasi mandiri.

2. Hindari Berbelanja di Jam Sibuk

Hindari berbelanja pada jam sibuk untuk menghindari keramaian. Dengan begitu, risiko Anda untuk terpapar virus Corona dari orang lain juga akan lebih rendah. Anda bisa berbelanja pada pagi hari ketika supermarket baru saja buka atau pada malam hari menjelang supermarket tutup. Bila Anda berbelanja di pasar tradisional, hindari berbelanja di pagi hari karena cenderung lebih ramai.

3. Kenakan Masker Saat bepergian

Keluar rumah untuk berbelanja, jangan lupa untuk mengenakan masker. Bila Anda dalam keadaan sehat, kenakanlah masker kain. Namun, bila Anda sedang sakit dan terpaksa harus keluar rumah, kenakan masker bedah. Pastikan masker yang Anda gunakan dapat menutupi hidung dan mulut Anda dengan sempurna.

4. Menjaga Jarak Saat keluar rumah

Penting untuk selalu menerapkan physical distancing di mana pun Anda berada, termasuk saat berbelanja. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, baik itu penjual, petugas supermarket, maupun sesama pembeli.

5. Pilih Metode Pembayaran Nontunai (cashless)

Jika memungkinkan, gunakan metode nontunai atau cashless untuk membayar belanjaan selama pandemi COVID-19. Hindari membayar bahan makanan dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit karena berpotensi menularkan kuman, termasuk virus Corona.

Jika Anda terpaksa menggunakan uang tunai atau kartu untuk membayar, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah menerima uang kembalian atau memencet tombol di mesin EDC. Ingat, jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.

Tinggalkan Balasan