Sejumlah nasabah Bank Mandiri kebingungan dan mengeluhkan terjadinya perubahan pada saldo rekening mereka Sabtu (20/7/2019) pagi, kemarin.

Sebagian dari mereka mendapati saldo rekeningnya raib, namun sebagian lagi mendapati saldo rekeningnya justru bertambah.

Peristiwa ini pun terjadi hampir di seluruh daerah yang merasa ketakutan karena saldonya berkurang.

Namun, pihak dari Bank Mandiri menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan back up data saldo nasabah dan hanya menimpa 10 persen nasabah.

Berikut fakta saldo nasabah Bank Mandiri berkurang di sejumlah daerah:

1 Ratusan nasabah jadi korban

Ratusan nasabah Bank Mandiri di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memprotes Kantor Cabang Bank Mandiri di Jalan Jenderal Sudirman.

Salah satunya adalah Kepala Seksi Operasional Basarnas Kalimantan Timur, Octavianto. Dirinya mengaku panik setelah melihat saldo di tabungannya tiba-tiba menjadi Rp 0.

2. Datangi kantor Bank Mandiri

Puluhan warga Mataram mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang berada di Jalan A. A Gede Ngurah, Sapta Marga, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara untuk meminta tanggapan dari pihak bank terkait isu yang beredar soal saldo berkurang.

3. Hanya menimpa 10 persen nasabah

Bank Mandiri menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening.

“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun, pada kali ini terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas.

4. Terjadi error dalam sistem perpindahan

Ilustrasi pengumuman oleh Bank Mandiri (foto: Google)

Bank Mandiri memberikan penjelasan terkait perubahan saldo rekening nasabah.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, telah terjadi error dalam sistem perpindahan data bank pelat merah tersebut.

“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari,” ujarnya.

5. Telah Pulih dalam 2 sampai 3 jam

Bank Mandiri menjamin saldo nasabah telah pulih dalam waktu 2-3 jam karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan back up data saldo nasabah.

Bank Mandiri mempersilakan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungan ke kantor cabang Bank Mandiri.

Pihak Bank Mandiri meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan