Sejumlah uang elektronik terus hadir ke tengah masyarakat. Uang elektronik ini merupakan uang yang telah dikonversikan dalam bentuk elektronik, sehingga pemakaiannya lebih gampang dan fleksibel karena tidak mesti membawa uang cash jika hendak berpergian. Kegunaan kartu uang elektronik ini tentu saja bisa untuk membayar segala keperluan seperti tiket bus, tarif tol, dan lainnya.

Sebagai uang elektronik atau dikenal pula dengan e-money, alat pembayaran ini telah memiliki regulasi (aturan) dari Bank Indonesia. Sebab, tidak semua perbankan dan lembaga bisa menerbitkan uang elektronik atau e-money. Pun demikian, masyarakat sangat mudah memiliki kartu uang elektronik tersebuyt karena bisa didapatkan dengan membeli di penerbit kartu e-money.

Di Indonesia sendiri, ada sejumlah uang elektronik yang diterbitkan oleh berbagai perbankan atau perusahaan yang telah mendapatkan izin seperti perbankan, operator seluler, maupun lembaga lainnya yang bukan perbankan maupun operator seluler.

Untuk mengenal lebih dekat, berikut sejumlah uang elektronik ada di Indonesia.

1. E-money yang diterbitkan perbankan

Perbankan di Indonesia seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, dsb turut menerbitkan produk e-money. Bank Mandiri misalnya, ia mempunyai Mandiri Indomaret Card, GazCard, E-Toll, dan E-Cash. Seperti namanya, masing-masing memiliki kelebihan, Indomaret Card memiliki keuntungan lebih bila dipakai belanja di Indomaret, GazCard digunakan untuk membeli bahan bakar minyak di Pertaminan, serta E-Toll untuk membayar akses jalan tol. Adapun E-Cash, umumnya digunakan untuk belanja online maupun offline di merchant-merchant rekanan Mandiri E-cash, isi pulsa, hingga membeli tiket pesawat.

Lalu Bank BCA dengan produk BCA Flazz Card, serta aplikasi Sakuku yang merupakan produk e-money mereka. Bank BCA termasuk yang terdepan dalam urusan e-money ini, tercatat ada 6,4 juta keping e-money yang beredar di tahun 2014. BCA Flazz Card sangat populer dan bisa digunakan di puluhan ribu gerai rekanan Bank BCA di seluruh Indonesia. Selain itu, ketersediaan promo juga menjadi daya tarik sendiri bagi pemegang BCA Flazz Card.

Adapun BCA Sakuku, merupakan layanan e-money dari Bank BCA dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstall di smartphone. Hanya dengan cara scan QR Code saat membayar di kasir, maka transaksi sudah bisa dilakukan.

Bank BNI memiliki produk e-money yang diberi nama BNI TapCash. Bentuk BNI TapCash hampir sama dengan BCA Flazz Card. BNI TapCashbisa digunakan untuk melakukan pembayaran di minimarket seperti Alfamart, Indomaret, tiket Trans Jakarta, hingga membayar e-parking.

Beberapa perbankan lainnya juga turut menerbitkan e-money, misalnya Bank Permata dengan produk BBM Money-nya, CIMB dengan Rekening Ponselnya, serta Bank National Nobu dengan Nobu E-Money.

2. E-Money dengan penerbit Operator Seluler

Operator Seluler juga tak kalah inovatif dalam menyediakan layanan kepada masyarakat, mereka kini merambah ke bidang finansial dengan menerbitkan e-money. Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar di Indonesia menerbitkan e-money yang diberi nama T-Cash Tap.

T-Cash Tap yang diterbitkan oleh Telkomsel telah menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Pengguna Telkomsel yang memiliki smartphone dengan teknologi NFC bisa menggunakan T-Cash Tap. Tapi, bila smartphone pengguna belum mendukung NFC, jangan khawatir karena Telkomsel menyediakan stiker NFC untuk ditempel ke smartphone, kemudian bisa digunakan untuk pembayaran transaksi di sejumlah minimarket dan tempat hiburan.

Tak mau kalah dari Telkomsel, operator seluler Indosat Ooredoo membuat e-money dengan nama Dompetku. Dompetku dapat diakses dengan menekan *789# kemudian tekan tombol ‘call’. Dompetku bisa digunakan untuk setor dan tarik tunai, pembelian, pembayaran, hingga transfer. Anda juga bisa menggunakan Dompetku untuk membayar transaksi di gerai rekanan seperti Alfamart, Indomaret, Elevania, dan Asuransi Adira.

Porvider XL memiliki produk e-money dengan nama XL-Tunaiku. Layanan ini bisa diakses dengan menekan 123120# dari ponsel. XL Tunaiku bisa digunakan untuk membayar tagihan, mencairkan uang, mengirim dan menerima uang ke sesama pengguna XL, serta belanja online dan offline.

3. E-money yang diterbitkan Pihak Lain

Pihak lain yang bukan merupakan perbankan maupun operator seluler, tapi menerbitkan e-money adalah Doku Wallet. Doku Wallet merupakan sistem pembayaran independen yang cukup besar di Indonesia. Usianya telah tujuh tahun dengan 3 produk utama, yakni DokuPayMyShortCard, serta Doku Wallet.

DokuPay biasa digunakan oleh perusahaan untuk menerima pembayaran online, seperti menerima pembayaran dari kartu kredit dan transfer bank. MyShortCard bisa digunakan untuk menerima pembayaran online di Facebook. Kemudian Doku Wallet yang berfungsi sebagai e-wallet.

Nah, kalau sudah begini, gampang kan untuk memilih-milih mau pakai uang elektronik yang mana? Jangan tunggu lama. Segera ya pakai salah satu kartu ini agar transaksi anda lebih gampang, nyaman, dan mudah dibawa kemana-mana tanpa perlu membawa uang cash yang banyak, yang malah membuat was-was!

Tinggalkan Balasan