Tujuh Kiat Hemat Belanja Cermat

Belanja pakai nontunai saja.. (pixabay.com)

Setiap orang punya kebutuhan dan keinginan. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan atau diinginkan, kita rela mengeluarkan uang. Ada juga yang jauh-jauh hari mempersiapkan uangnya (baca: menabung) agar bisa membeli barang tersebut.

Tapi masalahnya, kegiatan berbelanja atau membeli barang sering membuat hidup kita bertambah susah. Masalahnya terletak pada ketidakmampuan kita mengelola kebutuhan dan keinginan. Dan minimnya wawasan seputar cara berhemat saat belanja.

Nah, agar kamu bisa belanja tanpa harus membuat hidupmu susah, simak dan coba praktekkan kiat-kiat berikut:

1Utamakan belanja online

Ada banyak alasan orang belanja online, antara lain karena lebih hemat dari sisi biaya transport dan akomodasi. Juga lebih hemat waktu dan tenaga. Jadi kalau kamu hanya ingin beli satu barang dan barang itu bisa dibeli lewat ponsel, pilihlah belanja di toko online terpercaya, alih-alih pergi ke toko di siang hari bolong.

2Lakukan perbandingan harga sebelum belanja

Di era digital, semua informasi bisa diakses dengan mudah, termasuk harga barang. Kalau kamu belum yakin untuk belanja online, manfaatkan informasi harga di banyak toko online terpercaya sebagai pembanding dari harga yang akan kamu dapati di toko nanti.

3Buat kartu keanggotaan

Dengan mendaftar sebagai anggota sebuah toko atau ritel, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan potongan harga dan bonus kejutan yang tidak didapat pembeli biasa. Kalau pemilik ritel atau toko menetapkan harga tertentu untuk satu kartu keanggotaan, pertimbangkan keuntungan apa yang bisa kamu dapat. Kalau sepadan, membeli keanggotaan tetap jauh lebih hemat.

4Rinci kebutuhan selama setahun

Ini perlu, agar kamu tahu barang apa yang kamu butuhkan selama beberapa bulan ke depan. Ingat ya, barang yang kamu inginkan belum tentu kamu butuhkan. Kebutuhan adalah sesuatu yang kalau dipenuhi akan menyelesaikan masalah, sedangkan keinginan adalah sesuatu yang kalau dipenuhi akan menghasilkan kesenangan.

5Utamakan kebutuhan dari keinginan

Nah, begitu sudah tahu barang apa yang butuh dibeli, catat, lalu fokus hanya pada barang itu saja. Jangan biarkan etalase-etalase toko di mall membuyarkan niat awal kamu ke pusat perbelanjaan. Kalau tidak menemukan barang yang butuh dibeli, jangan alihkan perhatian ke barang yang kamu ingin beli. Pulang dengan tangan hampa lebih baik daripada membeli sekian barang yang belum tentu kamu butuhkan.

6Perhatikan momen diskon

Diskon atau potongan harga tidak selamanya ada. Pihak toko akan menggelar program diskon di waktu-waktu tertentu, biasanya terkait dengan perayaan hari besar. Cari informasinya di internet, lalu catat tanggal atau durasi diskonnya.

7Gunakan alat pembayaran nontunai

Menggunakan non tunai seperti kartu debit atau kredit saat belanja akan membuat kebiasaan belanjamu lebih terukur dan terkendali. Kamu pun tidak perlu memegang uang tunai yang belum tentu terpakai untuk belanja (misalnya karena barang yang dicari habis atau ukurannya yang dicari tidak tersedia). Uang tunai yang sudah terpakai bisa-bisa habis untuk hal lain yang tidak dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here