ATM BCA (tirto.id)

Saat menggunakan ATM, kata kunci yang harus diperhatikan betul adalah kepedulian dan kewaspadaan. Tips Aman Bertransaksi Nontunai di ATM BCA ini dirasa penting. Nah, berikut beberapa tips yang layak Ada ketahui agar tetap aman dan nyaman bertransaksi nontunai di ATM BCA:

 

Kubah pelindung keypad.
  1. Teliti sebelum bertransaksi. Pastikan seluruh kondisi mesin dan sekitarnya tidak ada yang mencurigakan. Misal di setiap ATM BCA, pada bagian keypad-nya selalu terdapat kubah pelindung (lihat gambar). Jika kubah pelindungnya tidak ada, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888.
  2. Cek stiker informasi nomor telepon call center. Halo BCA yang benar adalah 1500888, jika
    tercantum nomor lain, dapat dipastikan itu adalah stiker palsu. Segera laporkan!
  3. Ketika mengalami kesulitan saat bertransaksi. Jangan hiraukan pihak-pihak yang menawarkan bantuan dalam ruang ATM, segera hubungi Halo BCA di 1500888, karena bisa jadi itu merupakan salah satu modus kejahatan perbankan.
  4. Saat melakukan transaksi. Ingat selalu untuk menutup keypad saat memasukkan kode PIN (Tutup PIN). Ini penting, karena bisa jadi ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengintip, jadi tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati.
  5. Setelah melakukan transaksi. Sebelum meninggalkan mesin ATM, periksa kembali apakah Anda telah mengambil dan menyimpan kartu ATM dan struk yang tercetak.
  6. Jangan pinjamkan kartu ATM. Perlu diingat bahwa jangan pernah meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN. PIN ATM sifatnya pribadi, hanya Anda yang berhak untuk mengetahuinya, maka jangan pernah beritahukan pada siapapun. Termasuk kepada orang yang mengaku petugas bank, karena petugas bank yang benar tidak akan pernah menanyakan  PIN Anda.
  7. Gantilah kata sandi PIN ATM secara berkala! Serta untuk kemudahan Anda, simpan nomor telepon Halo BCA di 1500888 dan ikuti @HaloBCA di media sosial.

Demikianlah Tips Aman Bertransaksi Nontunai di ATM BCA. Semoga dapat membantu sobat NonTunai.com

Leave a Reply