Surabaya, Medan dan Makassar Jadi Kota Tujuan Mudik Terpopuler Tahun ini
Kota Surabaya (factsofindonesia.com)

Mudik adalah rutinitas tahunan yang selalu dijalani oleh umat Islam, khususnya muslim urban yang tinggal di perkotaan. Tahun ini, mayoritas mereka akan mudik ke tiga kota favorit, yaitu Surabaya, Medan dan Makassar.

Demikian hasil survey yang dilakukan Traveloka menjelang bulan Ramadhan lalu terhadap 1.311 penggunanya secara online. Hasil survey juga menunjukkan 62% responden melakukan perjalanan mudik bersama keluarganya.

Untuk moda transportasi favorit, 60% responden masih memilih moda transportasi pesawat untuk melakukan perjalanan mudik atau liburan, diikuti dengan 12% untuk kereta api dan 2% untuk bus.

Selain itu, Data internal Traveloka menunjukkan, sejumlah 50% responden cenderung menghabiskan waktunya untuk menonton film ketika menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit). Selain berbuka puasa di rumah, restoran dan kafe menjadi tempat favorit bagi 41% responden untuk mengadakan acara berbuka puasa bersama.

Sufintri Rahayu, Public Relations Director Traveloka, mengungkapkan, “Memasuki bulan Ramadhan dan libur Lebaran, kami melakukan survei terhadap pengguna Traveloka untuk memahami beberapa perilaku konsumen yang dilakukan selama bulan Ramadhan serta saat mempersiapkan perjalanan liburan Lebaran.”

Hasil survey ini menjadi latar belakang dan komitmen Traveloka untuk terus fokus pada kebutuhan konsumen.

“Kami berharap bahwa layanan dan produk yang kami tawarkan dapat membantu memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan dan mendukung kegiatan gaya hidup mereka sehingga momen silaturahmi pun jadi semakin lancar,” tambah Sufintri.

Untuk memudahkan perjalanan mudik, pengguna dapat memanfaatkan fitur Price Alerts di Traveloka yang membantu pengguna mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah sesuai tanggal keberangkatan dan destinasi yang diinginkan.

Leave a Reply