kartu bercip atau chip card. (pixabay.com)

Dalam rangka mengantisipasi merebaknya kejahatan skimming terhadap transaksi nontunai di ATM, Bank Indonesia (BI) telah menetapkan teknologi cip sebagai teknologi standar untuk semua kartu debit atau kartu ATM. BI menargetkan semua kartu wajib menggunakan teknologi cip sebelum 2022.

Penetapan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai standar teknologi ini tertuang dalam Surat Edaran BI No 18/15/DKSP/2016 dan sudah disampaikan kepada semua pelaku industri perbankan dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Dalam kesempatan yang sama, Bank Indonesia juga menunjuk ASPI sebagai pengelola dan pengawal implementasi NSICCS.

“Termasuk dalam memelihara dan mengembangkan Standar Nasional dengan memerhatikan aspek keamanan, efisiensi, perkembangan teknologi, kebutuhan industri, dan kepentingan nasional,” demikian keterangan tertulis Bank Indonesia, Rabu (21/6/2017).

Tujuan utama penerapan teknologi cip untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu debita atau kartu. Cip lebih aman dalam menyimpan dan memproteksi data yang tersimpan dibandingkan setrip magnet (magnetic stripe) yang sekarang jadi teknologi standar kartu ATM.

Teknologi ini juga dapat mendorong terciptanya interoperabilitas instrumen yang sejalan dengan semangat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) serta mendukung terciptanya efisiensi sistem pembayaran melalui biaya transaksi yang wajar dan memerhatikan perlindungan konsumen.

Langkah tersebut menjadi momentum penting untuk mewujudkan industri sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar, dan andal, dengan tetap memerhatikan perluasan akses dan perlindungan konsumen, serta mengutamakan kepentingan nasional.

Selain penerapan NSICCS, BI melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015, telah menetapkan bahwa paling lambat 30 Juni 2017 seluruh kartu ATM dan kartu debit, termasuk yang masih menggunakan teknologiĀ magnetic stripe, wajib menggunakan kode sandi PIN sebanyak 6 digit angka.

Baca juga:

Inilah Tahapan Penerapan Kartu ATM Bercip di Indonesia

Leave a Reply