Akhirnya, uang elektronik (Unik) BCA Flazz bisa digunakan untuk bayar tol di Jakarta dan sekitarnya. Sebelumnya, hanya Unik dari bank plat merah (Mandiri emoney, BRI Brizzi, BNI Tapcash, BTN Blink) yang berlaku di tol Jabodetabek, khususnya tol yang dikelola Jasa Marga.

Flazz mulai bisa digunakan di semua ruas tol Jabodetabek mulai Oktober 2017 secara bertahap. Diterimanya Flazz di tol dalam kota Jakarta dan tol lain yang dikelola Jasa Marga ini melengkapi kehadiran Flazz di ruas-ruas tol lainnya di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa.

Tidak mudah buat BCA untuk bisa masuk ke sistem e-toll Jasa Marga. Apalagi beberapa tahun lalu dua bank besar tanah air, Bank Mandiri dan BCA, terlibat dalam aksi monopoli uang elektronik di wilayah kekuasaannya masing-masing, seperti dilaporkan Kontan.

Bank Mandiri memonopoli sistem pembayaran nontunai di tol Jasa Marga, sedangkan BCA menguasai jaringan parkir milik Secure Parking. Melihat persaingan dua raksasa keuangan ini yang tak menguntungkan nasabah, Gubernur BI Darmin Nasution langsung turun tangan.

Ada beberapa syarat yang diungkapkan saat itu agar keduanya bisa saling terhubung dalam transaksi uang elektronik. Antara lain pengenaan komisi atau fee bagi BCA yang ingin masuk ke tol Jasa Marga, karena kontrak kerja sama antara Mandiri dan Jasa Marga berlangsung secara eksklusif selama 10 tahun.

Saat ini, Flazz BCA dapat digunakan sebagai alat pembayaran di gerbang beberapa ruas tol, antara lain ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta-Cikampek, Purbaleunyi, Cikopo-Palimanan (Cipali), Makassar, Surabaya-Gresik, dan Waru-Juanda

Direktur Consumer Banking BCA Suwignyo Budiman mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 1 juta keping kartu perdana Unik Flazz untuk mendukung penerapan 100% nontunai di tol.

“Kami siap dan sudah menyiapkan tambahan lagi kartu (Flazz),” ungkap Suwignyo.

Flazz juga bisa digunakan untuk naik kereta api listrik (KRL) Jabodetabek, Bus TransJakarta dan bayar parkir di sejumlah tempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini