Rekening Ponsel dari Bank CIMB Niaga mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam Uji Coba Remitansi Antar Negara yang dimulai sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018. Dengan keterlibatan ini, Rekening Ponsel menjadi produk digital bank pertama yang dapat memfasilitasi pengiriman uang dari luar negeri.

Rekening Ponsel sendiri dapat menjadikan nomor telepon seluler (ponsel) untuk menerima remitansi (pengiriman uang) dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia kepada keluarganya di Indonesia, tanpa perlu memiliki rekening bank.

Hendra Lembong, Chief of Transaction Banking CIMB Niaga, mengatakan, CIMB Niaga mampu memberikan kemudahan transfer uang untuk para TKI di Malaysia melalui layanan remitansi dari CIMB Islamic Bank SpeedSend ke Rekening Ponsel CIMB Niaga milik keluarganya di Indonesia.

Selanjutnya, dana yang dikirim tersebut bisa diambil keluarga TKI melalui ATM CIMB Niaga dan jaringan ritel yang telah bekerja sama dengan CIMB Niaga di seluruh pelosok tanah air. Sekedar informasi, bank ini memang memiliki keunggulan jaringan infrastruktur CIMB Group di ASEAN.

Dalam uji coba yang berlangsung hingga akhir bulan ini, model tersebut akan diimplementasikan secara terbatas di beberapa titik di Malaysia.

Sementara di wilayah kantong TKI di Indonesia, CIMB Niaga juga melakukan uji coba untuk melihat animo keluarga TKI dan masyarakat sekitar atas penggunaan Rekening Ponsel sebagai media penerimaan dana remitansi.

Di wilayah tersebut, keluarga penerima remitansi dari TKI dapat mentransaksikan dananya di agen layanan keuangan digital (LKD) atau ATM. Pengembangan ekosistem nontunai di kantong TKI tersebut dipandang penting untuk kelancaran implementasi model bisnis.

“Keikutsertaan kami dalam pilot project BI ini menjadikan CIMB Niaga sebagai bank pertama di Indonesia yang dapat memfasilitasi pengiriman uang dari para TKI di Malaysia ke seluruh nomor ponsel penerima di Indonesia. Kami berinisiatif mengambil model pengiriman uang ke ponsel karena sudah memiliki produk Rekening Ponsel yang didukung CIMB Islamic Bank di Malaysia dengan produk remitansinya yaitu SpeedSend,” kata Hendra.

Lebih lanjut Hendra menegaskan, pihaknya berharap mendapatkan masukan untuk penyempurnaan lewat uji coba tersebut. Pasca uji coba, program ini akan dikembangkan ke negara-negara lain bersama mitra-mitra CIMB Niaga setempat.

Sebagai bank BUKU 4 di Indonesia, CIMB Niaga konsisten menyediakan produk dan layanan yang memudahkan berbagai kebutuhan transaksi keuangan nasabahnya, termasuk dalam memfasilitasi pengiriman uang dari para TKI kepada keluarganya. Hendra yakin hal ini akan berdampak positif bagi perluasan akses keuangan di tanah air.

Sekilas Rekening Ponsel

Rekening Ponsel adalah produk CIMB Niaga yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Melalui Rekening Ponsel, nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah bank bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM.

Lewat produk yang diluncurkan pada tahun 2013 ini, penerima dana dapat menarik tunai hanya dengan mendaftarkan nomor ponselnya sekali saja di kantor cabang CIMB Niaga terdekat. Setelah nomor ponsel didaftarkan, penerima dana dapat langsung mengambil dananya melalui ATM CIMB Niaga dan jaringan ritel yang bekerja sama dengan CIMB Niaga yang tersebar luas di seluruh pelosok Tanah Air, tanpa perlu menggunakan kartu ATM, cukup dengan menggunakan ponsel saja.

Adapun keunggulan lainnya adalah dana yang masuk ke Rekening Ponsel penerima, tidak harus diambil semuanya saat itu juga. Penerima dana bisa mengambil sebagian dari dananya, dan menyimpan sisanya di Rekening Ponsel miliknya untuk digunakan di kemudian hari, tanpa dikenai biaya administrasi bulanan.

“Semua yang kami lakukan itu adalah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya para TKI dan keluarganya, sehingga mereka dapat memperoleh layanan perbankan kapanpun dan dimanapun dengan hanya melalui nomor ponsel,” pungkas Hendra.

Leave a Reply