Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan merilis regulasi transaksi nontunai dengan menggunakan QR Code (Kode QR). Rencananya, sistem pembayaran dengan Kode QR ini akan dilansir Mei 2018 nanti. Ada banyak hal dalam Regulasi Transaksi QR Code Akan Dirilis Mei 2018.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko mengatakan, aturan QR code akan selesai tidak terlalu lama lagi. “Minggu depan (Mei 2018) dilansir aturan QR code,” katanya, Senin (23/4), seperti dikutip industry.co.id.

Untuk itu, Onny mempersilahkan pelaku industri Fintech berperan aktif pada bisnis pembayaran termasuk mengembangkan alat transaksi nontunai QR Code sebagai sebuah sistem pembayaran yang lebih aman dan cepat.

Di hadapan peserta seminar “Strategi Zaman Now Perkuat Sistem Pembayaran Nontunai”, Onny mengungkapkan besarnya peran pelaku bisnis digital dalam penggunaan alat pembayaran Kode QR. Maka pihaknya mempersilahkan asing dan lokal untuk masuk.

“Asing atau lokal silahkan, yang penting security sistem dan bagaimana suburkan inovasi digital,” kata dia.

Kehadiran pelaku bisnis digital, lanjutnya, mempermudah UKM menjalankan bisnis. Misalkan seperti Gojek, dengan Go Food. Penjual gorengan enggak lagi memajangkan gorengannya tapi tinggal nunggu pesanan datang.

Tinggalkan Balasan