Qurban pada idul Adha merupakan ibadah tahunan bagi umat muslim, terlebih di era non tunai saat ini.  Khususnya di Indonesia, para pedagang kambing, domba hingga sapi dadakan kerap kali bermunculan  menjelang hari raya idul adha.

Transaksi keuangan dengan cara nontunai ternyata juga merambah ke ibadah qurban ini. Terutama dalam pembelian hewan kurban.

Bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Lantas bisakah kita berkurban secara nontunai?

Mall Kurban

Bisnis jual beli hewan kurban tidak hanya digeluti oleh para pedagang maupun peternak asal kampung. Pedagang besar sudah banyak merambah bisnis ini, seperti di kawasan depok ada Mall Kurban.

Setidaknya ada 3250 sapi yang ditawarkan, dengan mengusung pembelian seperti dalam mall. Maka tidak heran transaksi yang digunakan bisa melalui kartu debit maupun kredit.

Kurban Nontunai di LAZ

Program qurban lembaga amil zakat maupun NGO dengan menyediakan layanan jual beli hewan kurban melalui portal website dan sosial media. Sebut saja dompet dhuafa, ACT, Rumah Zakat, PKPU-IZI, LAZ AL Azhar, Baznas saat ini menjual hewan kurban hasil pemberdayaannya melalui website resmi dan sosial media.

Ukuran berat hewan kurban hingga harga tercantum secara rapi dan jelas. Metode pembayarannya bisa melalui transfer melalui ATM, internet banking hingga mobile banking.

Adapun untuk pengguna kartu debit maupun kredit, jangan khawatir karena lembaga-lembaga tersebut biasanya membuka gerai ataupun outlet di pusat pembelanjaan seperti mall. Sehingga masyarakat bisa mendatangi gerai tersebut dan membeli hewan kurban serta transaksi secara non tunai.

Beli Kurban di Toko Online

Selain melalui website maupun sosial media yang dimiliki para lembaga amil zakat maupun NGO, lembaga-lembaga penghimpun dana kurban juga bekerja sama dengan market place maupun e commerce. Khususnya dalam penjualan hewan ternak seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Shopee, Elevenia, Jd.id, Lazada dan Blanja.com. Metode pembayarannya pun hampir sama dengan transaksi jual beli online dan menerima pembayaran nontunai.

Bahkan beberapa e-commerce juga menawarkan patungan kurban sapi. Sehingga program ini memudahkan para masyarakat berkuban tanpa kesulitan mengurus hewan kurbannya.

Urunan Qurban Online

Situs urunan dana atau lebih terkenal crowdfunding juga tidak kalah gesit dalam menawarkan hewan kurban. Sebut saja kitabisa.com yang sudah 2 tahun terakhir menjalankan bisnis ini walaupun lebih banyak kerjasama dengan lembaga amil zakat maupun ngo.

Selain Kitabisa, Kimpulku.com dan Vestifarm juga menawarkan jual beli hewan kurban. Metode transaksi pembayaran dengan non tunai adalah metode utama dalam pembayaran dengan sistem urunan dana ini.

Tinggalkan Balasan