Pengertian Sistem Pembayaran Non Tunai

Pengertian Sistem Pembayaran Non Tunai - www.NonTunai.com

Tahukah kamu tentang Sistem Pembayaran Non Tunai? Sekarang jaman sudah berkembang seiring perkembangan teknologi pula. Sistem Pembayaran juga semakin berkembang seiring perkembangan teknologi. Orang sekarang tak lagi menggunakan Uang Tunai sebagai sistem pembayarannya.

Pengertian Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran jika merujuk pada wikipedia adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Sistem Pembayaran merupakan sistem yang berkaitan dengan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain. Media yang digunakan untuk pemindahan nilai uang tersebut sangat beragam, mulai dari penggunaan alat pembayaran yang sederhana sampai pada penggunaan sistem yang kompleks dan melibatkan berbagai lembaga berikut aturan mainnya. Kewenangan mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia dilaksanakan oleh Bank Indonesia yang dituangkan dalam Undang Undang Bank Indonesia.

Secara Umum sistem pembayaran dibagi menjadi dua, Sistem Pembayaran Tunai dan Sistem Pembayaran Non Tunai, dengan perbedaan fundamental adalah pada media atau instrumen yang dipakai. Sistem pembayaran Tunai dengan uang kertas dan logam; sedang Sistem pembayaran Non Tunai menggunakan instrumen berupa Kartu Debit/Kredit dan Uang Tunai.

Pengertian Sistem Pembayaran Non Tunai

Sisstem Pembayaran Non Tunai adalah sistem yang mulai digalakkan Bank Indonesia belakangan ini. Pengertian Sistem pembayaran Non Tunai secara umum ialah sistem pembayaran yang menggunakan instrumen Non Tunai. Non Tunai disini mudahnya digambarkan sebagai kebalikan dari tunai yang menggunakan instrumen fisik.

Instrumen Non Tunai secara garis besar dibagi menjadi 3, yakni: Kartu Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik. Kartu Debit adalah seperti kartu yang digunakan untuk menyalurkan dana yang kita simpan. Bahasa mudahnya bisa disebut sebagai kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Karakternya adalah mencairkan dana kita yang ada di bank simpanan kita.

Sedang Kartu Kredit adalah instrumen Non Tunai yang digunakan untuk mencairkan dana dengan cara kredit. Bahasa mudahnya kita kredit atau hutang sejumlah dana yang akan dibayar kemudian dengan cara langsung di bulan berikutnya atau dengan cara mencicil.

Uang Elektronik adalah salah satu instrumen pada Sistem pembayaran Non Tunai yang sedang digalakkan. Bahasa Mudahnya Uang Elektronik merupakan uang dalam bentuk elektronik atau Non Tunai. Jadi uang kita disimpan dalam bentuk semacam kartu atau data di server untuk bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here