Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan acara Fintech Days dalam rangka mendukung pertumbuhan lembaga keuangan berbasis teknologi informasi atau financial technology (fintech) di Indonesia.

Acara Fintech Days 2018 akan diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Medan pada tanggal 22 dan 23 Maret 2018.

Menurut data OJK , terdapat kebutuhan kredit bagi UMKM  sebesar RP1.700 triliun per tahun di Indonesia. Namun, pada tahun 2017, lembaga keuangan hanya mampu memenuhi sebesar 700 triliun Rupiah, sehingga terdapat kekurangan sebesar Rp1.000 triliun. Dengan kondisi tersebut, tentu dapat melemahkan pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Acara Fintech Days 2017 di Makassar. (ID COM)

Oleh karena itu, dengan adanya acara ini, diharapkan lembaga keuangan berbasis teknologi informasi dapat terus bertumbuh dan menjadi alternatif pendanaan bagi masyarakat dan UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Acara ini menggelar beberapa acara, seperti seminar, talkshow, coaching clinic, networking, dan pameran dari perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia. Acara-acara tersebut terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh masyarakat luas yang ingin mengetahui dan tertarik dengan fintech Indonesia secara gratis.

“Bagi Esta Kapital, acara fintech days yang akan diselenggarakan ini tentu sangat membantu dan bermanfaat, karena  dengan adanya acara ini kami mendapatkan suntikan semangat untuk terus berkembang dan melakukan inovasi. Sehingga nantinya dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penyaluran dana kepada UMKM”, tutur Junjungan Rumapea, selaku Direktur Utama Esta Kapital, salah perusahaan peer to peer lending yang turut meramaikan acara fintech days.

Leave a Reply