Hari ini, transaksi nontunai di tol berlaku efektif di semua pintu tol di Indonesia. Untuk mendukung program tersebut, Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan uang elektronik Kominfo. Uang Elektronik/Unik Kominfo juga dibuat dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat pengguna nontunai di Indonesia (lesscash society).

Menteri Rudiantara Luncurkan Uang Elektronik Kominfo www.nontunai.com
kominfo (dok.itb)

Pada tahap pertama, Kominfo telah menyiapkan 500 Unik Kominfo yang telah dibagikan kepada seluruh peserta upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di kementerian. Uang Elektronik Kominfo edisi Perdana ini bertajuk Palapa Ring.

Peluncuran tersebut sebagai sinergitas program antarkementerian/lembaga di pemerintah yang harus saling mendukung. Kementerian Kominfo sangat mendukung penggunaan Unik baik untuk jalan tol maupun pelayanan publik lainnya.

“Kita mendukung program pemerintah tanpa ego sektoral. Hendaknya kita semua saling mendukung, juga hal ini perlu diterapkan di internal Kominfo, di antara Satker harus saling mendukung dan bersinergi,” tegas Rudiantara saat peluncuran Senin (30/10).

Berdasarkan data BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga 25 Oktober 2017, penerapan transaksi nontunai di tol dengan menggunakan uang elektronik sudah mencapai 91 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here