Mengenal Kecanggihan Teknologi Nontunai dari Sony FeliCa

Sony FeliCa, Teknologi Kartu IC Multifungsi

Mengenal Kecanggihan Teknologi Nontunai dari Sony FeliCa
Mengenal Kecanggihan Teknologi Nontunai dari Sony FeliCa

Saat ini, semua orang mulai beralih dari transaksi tunai ke nontunai. Orang-orang di Hongkong dan Jepang, misalnya, sudah tidak lagi membawa uang ke mana-mana. Mereka cukup membawa satu kartu untuk naik kereta atau belanja di toko pinggir jalan.

Tapi apa yang membuat kartu ini bekerja secara cepat dan dapat digunakan di banyak tempat? Tentu karena teknologi di dalamnya. Tanpa teknologi tertentu, kartu plastik selamanya hanya akan menjadi kartu biasa.

Salah satu pengembang teknologi alat transaksi nontunai adalah Sony FeliCa yang telah sukses menciptakan teknologi kartu IC (singkatan dari Integrated Circuit).

Masyarakat di Jepang sudah terbiasa menggunakan IC Card dari FeliCa. (JapanStation.com)

Kartu ini dilengkapi dengan transmisi data kecepatan tinggi yang otomatis aktif begitu kartu diletakkan di atas mesin pembaca kartu. Kecepatan bacanya hanya 0,1 detik begitu kartu didekatkan ke alat pembaca yang sesuai.

Kecepatan itu dimungkinkan karena kartu ini memiliki sistem nirkontak yang canggih.

Komunikasi tanpa kontak kartu dan alat pembacanya diaktifkan dengan gelombang elektromagnetik yang terpancang dari alat pembaca. Frekuensi komunikasi FeliCa berada pada gelombang 13,56 MHz dengan kecepatan 212 kbps atau 424 kbps.

Inilah tampilan Kartu Multi Trip (KMT) berteknologi FeliCa yang udah menggunakan chip tipe F dari Sony FeliCa. (PT KCJ)

Kartu berteknologi FeliCa ini juga dirancang untuk transaksi volume tinggi, sehingga nyaman digunakan di banyak tempat dan untuk beragam jenis pembayaran.

Dan, yang terpenting dari itu semua adalah faktor keamanannya. Data dalam kartu memiliki tingkat keamanan tinggi. Data-data penting seperti jumlah saldo, mutasi transaksi uang elektronik, sampai data personal pengguna terlindungi dan terenkripsi dari kemungkinan serangan jahat.

Mesin top-up IC Card

Sehingga kartu bisa difungsikan sebagai alat pembayaran transportasi, sebagai uang elektronik, tiket elektronik, kartu keanggotaan, kartu absen di kantor, bahkan sebagai kunci pintu elektrik.

Bentuk dan desainnya pun bisa dirancang sefleksibel mungkin. Baik dalam bentuk kartu, gantungan knci, token berbentuk koin, aplikasi mobile, sampai bentuk gelang jam tangan.

Nama FeliCa sendiri berasal dari bahasa Inggris “Felicity” yang berarti kebahagiaan yang besar atau mutlak. Semangat dari hadirnya teknologi ini adalah agar kehidupan sehari-hari penggunanya jadi jauh lebih santai dan nyaman.

Di Hongkong, masyarakat akrab dengan Kartu Octopus. Sementara di Jepang, ada banyak kartu nontunai multifungsi terkemuka, seperti Suica dan Pasmo. Sementara di Indonesia, sudah ada Kartu Multi Trip untuk naik kereta api listrik yang dioperasikan oleh KCJ, Indosat Dompetku dan masih banyak lagi.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini