Saat ini, calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sudah bisa naik kereta ke bandara. Naik kereta jelas lebih menghemat waktu, apalagi di saat jam macet seperti pagi setelah jam 6 dan sore hari mulai jam 3. Lalu-lintas kota Jakarta dan sekitarnya juga acap kali dilanda kemacetan panjang hingga malam hari. Maka salah satu solusi agar bisa tiba di bandara tepat waktu dan tidak ketinggalan pesawat adalah dengan naik kereta listrik yang dioperasikan PT Railink.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa memanfaatkan transportasi massal seharga Rp 70 ribu untuk sekali jalan ini?

Yuk, simak langkah-langkah dan panduan berikut. Dan perhatikan informasi yang disajikan, agar Anda tidak salah naik kereta.

1

Cek Rute dan Stasiun yang Melayani Kereta Bandara

Di awal pengoperasiannya sejak 2 Januari 2018 lalu, Kereta Bandara Jakarta baru beroperasi atau berangkat dari dua stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper. Stasiun Sudirman Baru adalah stasiun baru uyang ada dekat Stasiun Sudirman.

Nantinya, akan ada tambahan dua stasiun, yaitu Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri. Sampai informasi ini ditulis, kedua stasiun terakhir itu masih dalam proses konstruksi.

Saat semua stasiun beroperasi penuh, maka kereta bandara akan melayani rute Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno Hatta (PP).

2

Ketahui Jadwal Keberangkatan

PT Railink menyiapkan 10 rangkaian kereta bandara, masing-masing rangkaian memiliki enam gerbong. Setiap rangkaian dapat menampung 272 penumpang, sehingga kapasitas total penumpang yang bisa diangkut setiap harinya mencapai 33 ribu orang.

Kereta pertama akan berangkat dari Stasiun Sudirman Baru menuju bandara Soekarno Hatta (SHIA) mulai pukul 03.21 WIB, dan kereta terakhir akan berangkat pada pukul 22.51 WIB. Sebaliknya, dari Stasiun Bandara Soetta, kereta pertama berangkat mulai pukul 04.40 WIB, dan kereta terakhir berangkat pukul 00.40 WIB.

Dalam satu hari, kereta bandara akan memiliki total frekuensi perjalanan sebanyak 80 kali perjalanan. Waktu penjemputan dilakukan setiap 15 menit dan 30 menit sekali pada jam sibuk.

Jadwal keberangkatan harian kereta dapat Anda cek langsung di www.railink.co.id atau lewat akun Twitter @kabandara.

Jadwal keberangkatan Kereta Bandara dari Stasiun Sudirman Baru. (PT Railink)
3

Siapkan Nontunai saat Membeli Tiket

Pembelian tiket kereta bandara ada dua cara yaitu dengan membelinya langsung di stasiun atau melalui aplikasi. Harap dicatat, bahwa kedua cara tersebut hanya melayani transaksi nontunai. Uang tunai tidak bisa dipakai untuk membeli tiket kereta ke bandara.

Di stasiun kereta yang melayani pemberangkatan ke bandara, Anda bisa membeli tiket lewat mesin pembelian (vending machine) yang hanya menerima kartu kredit atau kartu kredit.

Sedangkan pembelian lewat aplikasi ponsel bisa dilakukan melalui aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Atau penumpang bisa membeli tiket dengan membuka laman reservasi online di situs web milik Railink. Bayarnya bisa lewat internet banking ataupun Doku Wallet.

4

Perhatikan Cara dan Ketentuan Pembelian Tiket

Waktu yang dibutuhkan untuk membeli tiket di mesin adalah antara satu sampai dua menit. Setelah semua tahapan selesai dilakukan, tiket dan struk akan keluar dari vending mechine.

Satu tiket dijual dengan harga Rp 70.000 untuk satu kali keberangkatan.

Saat hendak memesan tiket, Anda akan diminta memasukan jadwal keberangkatan dan jumlah tiket yang dibutuhkan. Selain itu, data diri Anda juga dibutuhkan, yaitu dengan memasukkan memasukkan nama, nomor ponsel, dan nomor telepon. Bila Anda membelinya secara online, Anda akan diminta memasukkan alamat surat elektronik (email).

Perlu dicatat bahwa pembelian tiket lewat mesin di stasiun ditutup 20 menit sebelum jadwal keberangkatan atau jika kapasitas rangkaian kereta sudah penuh.

5

Perkirakan Durasi Perjalanan

Sebelum Anda membeli tiket kereta bandara, terutama untuk keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta, sebaiknya perkirakan waktu keberangkatan.

Waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan sekitar 54 menit atau kurang dari satu jam. Sebaiknya perhitungkan betul pukul berapa Anda berangkat dari rumah ke stasiun, kemudian dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta.

Hambatan dalam perjalanan dari rumah ke stasiun pemberangkatan juga perlu dipertimbangkan. Begitu pula dengan jadwal keberangkatan kereta bandara. Dengan begitu, Anda bisa tiba di bandara sesuai dengan waktu yang diharapkan.

Dan Anda pasti sudah paham kan bahwa waktu ideal tiba di bandara adalah dua jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi aturlah waktu sebaik-baiknya saat hendak menggunakan kereta ke bandara.

6

Lanjutkan Perjalanan ke Terminal Tujuan dengan Skytrain

Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga terkoneksi langsung dengan kereta tanpa masinis bernama Skytrain yang menghubungkan Terminal 1 sampai Terminal 3. Jadi sesampainya di stasiun bandara, Anda bisa langsung berpindah antar-terminal menggunakan “Kereta Layang” ini.

Dalam satu hari, Skytrain beroperasi selama 20 jam mulai pukul 04.27 WIB- 00.17 WIB. Jadwal tersebut sudah diatur menyesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

[ Alternatif Baru Transportasi Bandara Soekarno Hatta ] . HaiSohIB! . Setelah menunggu selama tiga tahun, Kereta Bandara Soekarno Hatta akhirnya resmi beroperasi,. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2018. Peresmian ini bisa dikatakan sebagai hadiah tahun baru untuk para pengguna layanan transportasi dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta. . Harapan dari Presiden, kereta Bandara Soekarno Hatta ini dapat mengurangi kemacetan yang selama ini terjadi. Terutama lewat jalur darat, baik lewat kendaraan pribadi seperti mobil atau kendaraan umum seperti taksi dan bus umum. . Layanan kereta bandara nantinya akan terintegrasi dengan MRT, LRT, Transjakarta, dan kereta cepat. Bila sudah terintegrasi, nantinya diharapkan masyarakat akan beralih menggunakan moda transportasi massal yang aman, nyaman, serta dapat dipergunakan bersama-sama. . Kereta Bandara Soekarno Hatta sendiri nantinya akan melayani rute Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman City (BNI City) – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soetta. Begitu pula dengan sebaliknya. Sementara untuk tahap awal, baru melayani penumpang dari tiga stasiun, yakni Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

A post shared by KONTEN INFORMASI DIGITAL (@indonesiabaik.id) on

Leave a Reply