Kereta api menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta dijadwalkan mulai beroperasi awal tahun 2018. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan uji coba operasional sudah dilakukan bulan Desember 2017.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo kepada media pers, minggu lalu. Menurutnya, perseroan akan merampungkan pembangunan infrastruktur bulan ini dan bersiap melakukan uji coba bulan depan.

“Kita pokoknya akan selesaikan infrastruktur di bulan ini ya, tanggal 25 ini. Pokoknya infrastruktur sudah nyambung. Baru nanti akan mulai soft operation nanti menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” kata Didiek seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (22/11/2017).

Tapi jadwal Desember tersebut, tegasnya, baru soft launching atau uji coba. Sedangkan operasi komersialnya baru akan dilakukan awal 2018.

Kereta api dari Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta akan melayani penumpang di lima stasiun, dengan urutan rute (PP) Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman Baru – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Kereta mulai beroperasi dari Stasiun Manggarai pukul 03.00 pagi, dengan jadwal keberangkatan terakhir ke bandara pada pukul   22.30. Sebaliknya, kereta api pertama dari bandara akan berangkat pukul 04.40 pagi dan terakhir pada pukul 00.40 pagi.

Jarak tempuh kereta api jurusan Manggarai – Bandara ini diperkirakan akan memakan waktu 55 menit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini