Keuntungan Nontunai

Keuntungan yang didapat dari penggunaan nontunai adalah:

  • Transaksi jadi lebih mudah, cepat dan aman. Pendekatan teknologi yang user-friendly membuat produk nontunai mudah digunakan. Proses transaksinya pun berlangsung lebih cepat dan tidak lagi direpotkan dengan uang kembalian. Dan yang pasti, nontunai lebih aman dan terlindungi.
  • Efisiensi pengelolaan uang. Dengan bertambahnya volume transaksi nontunai, Bank Indonesia dan industri perbankan sama-sama dapat menghemat biaya pengelolaan uang. Di sini BI, terjadi efisiensi biaya cetak dan distribusi uang. Sedangkan pihak bank dapat menghemat biaya pengelolaan uang.
  • Transaksi lebih akuntabel. Pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis, sehingga mempermudah penghitungan dan pengukuran kegiatan perekonomian Indonesia. Nontunai juga mencegah beroperasinya underground economy yang umumnya berlangsung secara tunai.
  • Sirkulasi uang meningkat. Keuntungan lain dari pertumbuhan volume nontunai adalah meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian (velocity of money).
  • Kejahatan keuangan dapat ditekan. Saat masyarakat sudah terbiasa menggunakan nontunai, aksi pemalsuan uang otomatis dapat ditekan. Begitu juga dengan aksi kejahatan terkait pencucian uang, suap dan tindak pidana lainnya.