Kenali Uang Elektronik dari 12 Perusahaan Bank dan Non Bank

Uang Elektronik (Electronic Money) atau biasa disingkat Unik adalah alat pembayaran nontunai yang nilai uangnya disimpan secara elektronik di dalam media server (biasanya berbentuk aplikasi) ataupun chip (berbentuk kartu).

Uang elektronik berlaku layaknya uang biasa: dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di banyak tempat, dapat dipindahtangankan ke orang lain, dan tidak dikategorikan sebagai simpanan uang di bank.

Bank Indonesia menetapkan empat unsur yang harus dipenuhi oleh uang elektronik, yaitu:

  1. diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit;
  2. nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip;
  3. digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut; dan
  4. nilai uang elektronik yang dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Berikut adalah beberapa layanan e-money atau uang elektronik yang bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semuanya memiliki sertifikasi dari Bank Indonesia.

1. Bank Mandiri – Indomaret Card, GazCard, E-Toll, E-Cash

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Mandiri)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Mandiri)

Bank Mandiri memiliki tiga jenis e-money berupa kartu, yaitu Indomaret Card untuk belanja di Indomaret, GazCard untuk membeli bahan bakar minyak di Pertamina, dan E-Toll untuk membayar akses tol.

Bank Mandiri juga memiliki e-money bernama E-Cash yang bisa digunakan dengan menghubungi 1416# untuk feature phone. Atau menggunakan aplikasi mobile yang telah tersedia untuk platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone. Pelanggan bisa menggunakan E-Cash untuk belanja online maupun offline di gerai mitra Mandiri E-cash, mengisi pulsa, dan membeli tiket pesawat.

2. Bank BCA – Flazz dan Sakuku

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(BCA Flazz)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(BCA Flazz)

Dengan 6,4 juta keping pada tahun 2014, BCA Flazz bisa dibilang merupakan pemimpin dalam hal e-money dengan bentuk kartu. Masyarakat bisa menggunakan kartu ini di lebih dari 23.000 gerai, dan bisa mendapatkan promo yang beragam seperti parkir gratis untuk jam pertama di beberapa tempat. Masyarakat bisa membeli kartu Flazz di Bank BCA atau gerai Flazz.

Selain itu, BCA juga memiliki layanan e-money baru bernama Sakuku. Berbeda dengan Flazz, masyarakat bisa melakukan pembayaran menggunakan smartphone mereka. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan melakukan scan QR Code yang diberikan oleh kasir saat melakukan transaksi.

3. Bank BNI – TapCash

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(BNI)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(BNI)

BNI Tap Cash merupakan e-money berupa kartu mirip dengan BCA Flazz dan Mega Card. SindoNews mencatat pada Maret 2015, BNI telah memiliki 250.000 pengguna TapCash dengan rata-rata 120.000 transaksi per bulan.

Seperti e-money lain yang juga menggunakan kartu, TapCash bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, membeli tiket Trans Jakarta, dan juga bisa digunakan untuk membayar e-parking.

4. Bank Permata – BBM Money

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Permata)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Permata)

Di bulan Februari 2013, BlackBerry meluncurkan layanan e-wallet bernama BBM Money dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya. Bekerja sama dengan Bank Permata, pengguna BBM Money bisa membayar tagihan listrik dan mengirim uang dari bank lain, atau menarik uang dari ATM Bank Permata.

BBM Money belum begitu sukses di negara ini. Tim BBM Money di Indonesia mengaku bahwa mereka tidak mencapai target jumlah pengguna di tahun 2013. Pengguna BlackBerry yang semakin menipis dan aplikasi yang belum mendukung Android dan iOS kemungkinan akan memperburuk jumlah pengguna BBM Money yang digunakan Bank Permata.

5. Bank CIMB – Rekening Ponsel

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(CIMB)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(CIMB)

Rekening Ponsel memungkinkan penggunanya untuk melakukan isi ulang, pembayaran, dan penarikan uang dari ATM menggunakan smartphone tipe apapun. Bedanya dengan Mandiri E-Cash adalah pengguna harus datang ke bank CIMB Niaga untuk registrasi, sedangkan pengguna Mandiri E-Cash bisa mendaftar melalui smartphone tanpa harus keluar dari rumah mereka.

Rekening Ponsel bisa digunakan melakukan transfer uang ke semua anggota ATM Bersama, tarik dan setor tunai di Indomaret dan Alfamart, dan membayar angsuran pinjamanan maupun kredit.

6. Bank National Nobu – Nobu E-Money

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(NOBU)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(NOBU)

Layanan kartu prabayar Bank National Nobu tersedia untuk nasabah maupun non nasabah nasabah dari Bank National Nobu . Perusahaan ini berencana untuk lebih agresif dengan layanan e-money dan ingin mendapat lebih banyak lagi pengguna di pulau Jawa sebagai langkah awal. Tim Bank Nobu mengatakan bahwa mereka akan memprioritaskan pendekatan kepada merchant ritel terlebih dahulu sebelum berkolaborasi dengan perusahaan transportasi dan tol.

7. Telkomsel – T-Cash Tap

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Bank Telkomsel – T-Cash Tap)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Bank Telkomsel – T-Cash Tap)

Baru-baru ini Telkomsel melakukan pembaruan layanan e-money mereka T-Cash dengan memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Jadi pengguna yang memiliki smartphone dengan teknologi NFC bisa langsung menggunakan teknologi baru bernama T-Cash Tap.

Sedangkan untuk smartphone yang belum mendukung NFC. Telkomsel menyediakan sebuah stiker NFC yang bisa dipasang di smartphone untuk kemudian bisa digunakan melakukan pembayaran dengan T-Cash Tap di sejumlah minimarket dan tempat hiburan di Jabodetabek.

8. Indosat Ooredoo – Dompetku

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Indosat Dompetku)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Indosat Dompetku)

Dompetku merupakan layanan e-money bagi pengguna Indosat Ooredoo yang bisa didapat dengan mengakses *789#. Melalui layanan ini, pengguna bisa melakukan setor dan tarik tunai, pembelian, pembayaran, bahkan melakukan transfer. Dompetku juga bisa digunakan di mitra yang bekerja sama dengan perusahaan ini seperti Alfamart, Indomaret, Elevania, dan Asuransi Adira.

Terdapat dua tipe pelanggan Dompetku. Pertama, yaitu pelanggan Regular dengan batas saldo Rp1 juta dan batas transaksi hingga Rp20 juta per bulan. Kedua, pelanggan Premium dengan batas saldo yang lebih besar Rp5 juta dan batas transaksi per bulan yang sama Rp20 juta.

9. XL – Tunaiku

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(XL Tunaiku)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(XL Tunaiku)

Mirip dengan Dompetku, XL Tunaiku merupakan layanan e-money yang bisa digunakan dengan mengakses 123120# dari ponsel kamu. XL Tuaniku memungkinkan kamu untuk membayar tagihan, mencairkan uang, mengirim dan menerima uang ke sesama pengguna XL, dan belanja online maupun offline.

Terdapat dua tipe pelanggan XL Tunai. Pelanggan Non Register, yaitu mereka yang belum melakukan registrasi XL Tunai memiliki batas saldo sampai Rp1 juta dan batas transaksi 10 kali transaksi per hari. Sedangkan pelanggan Register memiliki batas saldo lebih besar sampai Rp5 juta dengan batas transaksi yang sama 10 kali per hari.

10. Doku – Doku Wallet

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Doku)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Doku)

Doku adalah salah satu pelaku e-payment independen terbesar di Indonesia. Tim yang berusia tujuh tahun ini memiliki tiga produk: DokuPay (yang memungkinkan perusahaan untuk menerima pembayaran online seperti kartu kredit dan transfer bank), MyShortCart (untuk social commerce di blogshop dan Facebook untuk menerima pembayaran online), dan DokuWallet (sebuah produk e-wallet).

Tahun lalu, Doku mengklaim telah berhasil membukukan total nilai transaksi sebesar Rp6,5 triliun. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar Rp1,5 triliun dari pembukuan tahun 2013 yang mencapai Rp5 triliun.

11. Skye Mobile Money – Skye Card

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(SKYE)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(SKYE)

Skye Mobile Money muncul dalam bentuk aplikasi smartphone. Pengguna akan mendapatkan satu Skypoint untuk tiap Rp1 yang dikeluarkan menggunakan aplikasi Skye Money. Poin ini kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai hal seperti pulsa dan voucher belanja.

Pada bulan Februari 2014, Skye Mobile Money bekerja sama dengan Binus University untuk meluncurkan layanan e-wallet milik Binus bernama BEAT (Binus Easy Transaction).

12. Artajasa – MYNT

www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Artajasa – MYNT)
www.nontunai.com-E Money atau Uang Elektronik yang Ada di Indonesia(Artajasa – MYNT)

Artajasa adalah penyedia solusi pembayaran elektronik. Tim Artajasa bekerja sama dengan sejumlah bank untuk membangun solusi pembayaran untuk mobile banking dan ATM. Produk e-money Artajasa adalah MYNT, sebuah kartu prabayar untuk membeli barang online.

Update: Dompetku Indosat berubah menjadi PayPro. Mulai tanggal 1 Juli 2017, semua layanan Dompetku dialihkan ke uang elektronik PayPro.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini