Memilih kartu kredit yang sesuai dengan profil kamu, bukan perkara mudah. Setidaknya ada empat tipe konsumen kartu kredit travel di Indonesia: budget traveller, promo traveller, family traveller, dan luxury traveller. Kamu masuk tipe konsumen yang mana? Dan apa kartu kredit yang paling cocok buat kamu?

Memilih kartu kredit yang tepat saat ini tidak mudah. Dari puluhan jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh 23 bank penerbit, kamu harus mencermati satu per satu ketentuan dan persyaratannya. Kesulitan semacam ini juga sering ditemui oleh nasabah yang akan memilih kartu kredit travel, kartu yang akan menjadi teman terbaik dalam melakukan perjalanan wisata, bisnis, dan untuk tujuan lainnya.

Hingga kini, menurut riset Halomoney, belum ada satu pun perbandingan kartu kredit yang bisa membantu konsumen memilih kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Padahal jumlah konsumen dan nilai belanjanya saat ini semakin besar. Selain itu, belasan pameran travel fair setiap tahun terus digelar dan bertambah semarak .

Di 2014  saja, data Kuoni Group Travel Expert, agen perjalanan asal Zurich, Swiss, mencatat, nilai devisa asal wisatawan Indonesia ke Eropa mencapai US$ 8 miliar. Belanja ini dikeluarkan oleh sekitar 9 juta orang dengan tujuan terbanyak ke Prancis, Italia, dan Swiss (Wall Street Journal, 1/5/2015).

Meski belum ditemui data pastinya, nilai devisa dan jumlah wisatawan Indonesia ke Eropa saat ini diyakini terus bertambah. Dan patut dicatat, data ini hanya untuk perjalanan wisata saja, tidak termasuk bisnis dan perjalanan kebutuhan lainnya, di dalam maupun di luar negeri. Jika ditambah dengan perjalanan bisnis dan perjalanan lainnya, jumlahnya akan sangat besar.

Dalam perbandingan terbaru ini, Halomoney.co.id membandingkan 32 jenis kartu kredit dari 15 bank yang mengeluarkan kartu kredit travel. Perbandingan ini disesuaikan dengan empat profil konsumen: Promo Traveller, Budget Traveller, Family Traveller, dan Luxury Traveller.

www.nontinai.com-Kartu Kredit Travel Terbaik 2017 Hasil Riset Halomoney1
www.nontinai.com-Kartu Kredit Travel Terbaik 2017 Hasil Riset Halomoney1

Empat tipe konsumen ini dianggap cukup mewakili sebagian besar konsumen kartu kredit di Indonesia, termasuk kamu. Sebelum melihat jenis kartu kredit terbaik yang tepat, sebaiknya kamu memastikan kamu masuk dalam tipe konsumen yang mana? Sebagai budget traveller atau luxury traveller?

Berikut ini hasil perbandingan tim Halomoney.co.id untuk empat jenis konsumen.

  1. Budget Traveller

Konsumen budget traveller selalu ingin menghemat dalam setiap perjalanannya. Salah satu penyebabnya penghasilan mereka masih minim. Penyebab lainnya, konsumen jenis ini memang selalu ingin melakukan penghematan, termasuk dalam perjalanan wisata maupun bisnis. Karena itu mereka tidak keberatan untuk memesan tiket dari jauh hari dan tinggal di penginapan yang sederhana asalkan dia bisa berwisata dengan bebas di lokasi tujuan.

Tiga kartu kredit terbaik buat mereka adalah CIMB Niaga Gold Visa, Citi-Garuda Indonesia World MasterCard, dan Citi PremierMiles. Kartu ini terpilih karena hanya mensyaratkan penghasilan tahunan minimum Rp 60 juta atau Rp 5 juta per bulan.

  1. Promo Traveller

Jika kamu selalu ingin memanfaatkan beragam promo dan reward dari bank penyedia kartu kredit untuk melakukan perjalanan, tiga kartu ini sangat cocok untuk kamu miliki: BCA Card Platinum, BCA Visa Platinum dan CIMB Niaga JCB Ultimate.

Tiga kartu kredit ini terpilih karena menyediakan hingga 6 jenis promo dan reward bagi pemiliknya untuk melakukan perjalanan. Juga menyediakan promo dan reward yang bisa ditukarkan menjadi poin untuk melakukan perjalanan.

  1. Family Traveller

Tipe konsumen yang satu ini selalu mengutamakan keluarga. Dalam melakukan perjalanan pun, konsumen jenis ini mengajak anak dan istri untuk bersama-sama menikmati liburan. Mereka tinggal di hotel menengah bersama keluarga, berwisata bersama di lokasi tujuan. Mereka selalu mencari harga terbaik untuk mendapatkan keuntungan lebih bagi keluarga.

Kartu kredit yang tepat bagi family traveller ialah kartu kredit yang memberikan konversi yang murah untuk dikonversi menjadi poin airmiles. Dengan konversi tersebut, family traveller bisa berbelanja dan mendapatkan keuntungan maksimal, sekaligus mendapatkan poin airmiles yang tinggi untuk ditukarkan dengan tiket pesawat ataupun hotel di tempat wisata.

Ketiga kartu ini terpilih karena memiliki nilai konversi yang sangat murah dibandingkan kartu kredit lain. CIMB Niaga JCB Ultimate memberlakukan konversi 1 poin airmiles sebesar Rp 3.347. Sedangkan CIMB Niaga Visa Infinite dan CIMB Niaga World Mastercard masing-masing sebesar Rp 5.000. Bandingkan dengan belasan kartu kredit travel lain yang memberlakukan konversi airmiles lebih mahal, mulai dari Rp 5.500 hingga Rp 21.000.

  1. Luxury Traveller

Konsumen yang satu ini tergolong konsumen mapan yang ingin mendapatkan fasilitas terbaik dalam setiap perjalanannya. Dalam berwisata, mereka mencari tempat-tempat yang unik dan ekslusif di dalam maupun di luar negeri, bersama keluarga maupun teman-temannya. Mereka memiliki travel assistant yang akan mengurus paket perjalanan, tingga di hotel mewah, dan mendapatkan fasilitas terbaik selama di lokasi wisata.

Tiga kartu kredit dinilai paling tepat dimiliki oleh para luxury traveller karena menyediakan fasilitas domestic lounge dan priority pass. BNI-Garuda Indonesia Visa Signature menjadi kartu terbaik bagi luxury traveller karena menyediakan bebas akses di 20 domestic lounge di Indonesia, keanggotaan gratis Priority Pass dan delapan kali bebas akses priority pass di berbagai bandara di dunia yang menjadi partner Priority Pass.

Sedangkan ANZ Black Card dan ANZ SPB Infinite masing-masing menyediakan bebas akses di 3 domestic lounge di Indonesia, bebas keanggotaan dan bebas akses Priority Pass di berbagai bandara di dunia yang menjadi partner Priority Pass.

  1. Kartu Kredit Travel Terbaik 2017

Halomoney juga memilih tiga kartu kredit travel terbaik tahun 2017. Yakni CIMB Niaga JCB Ultimate, BNI-Garuda Indonesia Visa Signature, dan Standard Chartered WorldMiles Card. Tiga kartu ini mendapatkan poin terbanyak yang dikumpulkan dari kategori promo traveller, family traveller, budget traveller, dan luxury traveller.

Meski tidak muncul sebagai kartu kredit terbaik di salah satu dari empat kategori, Kartu Kredit Standard Cartered WorldMiles Card terpilih menjadi kartu kredit terbaik ketiga kerena berhasil mencuri poin dari konversi airmiles dan promo sehingga mengumpulkan poin terbanyak ketiga setelah JCB Ultimate dan BNI-Garuda Indonesia Visa Signature.

Penjelasan tentang keunggulan tiga kartu kredit tersebut bisa dilihat di infografik di bawah ini:

Demikianlah hasil perbandingan Halomoney untuk konsumen Indonesia, khususnya para traveller. Perbandingan ini dapat kamu gunakan untuk memilih kartu kredit terbaik, juga untuk memaksimalkan manfaat jika kamu sudah memiliki salah satu dari kartu kredit terpilih dalam perbandingan ini.

Sumber : http://www.halomoney.co.id/blog/kartu-kredit-terbaik-2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here