kartu Debit

Dalam akuntansi, debit (disingkat Dr), yang diturunkan dari bahasa Latin debere, merupakan lawan dari kredit. Kode perkiraan (akun) jenis aset dan beban akan bertambah nilainya jika didebit, sedangkan liabilitas, ekuitas, dan pendapatan akan berkurang jika didebit. Konsep ini dipakai dalam pembukuan berpasangan.

 

Kartu debit (juga dikenal sebagai kartu bank atau kartu cek) adalah kartu pembayaran plastik yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai saat melakukan pembelian. Hal ini mirip dengan kartu kredit, tapi tidak seperti kartu kredit, uang datang langsung dari rekening bank pengguna saat melakukan transaksi.

Beberapa kartu mungkin menanggung nilai yang disimpan dengan yang pembayaran dilakukan, sementara sebagian besar menyampaikan pesan ke bank pemegang kartu untuk menarik dana dari rekening bank yang ditunjuk seorang pembayar. Dalam beberapa kasus, nomor rekening primer diberikan secara eksklusif untuk digunakan di Internet dan tidak ada kartu fisik.

Di banyak negara, penggunaan kartu debit telah menjadi begitu luas bahwa volume mereka telah menyusul atau seluruhnya diganti cek dan, dalam beberapa kasus, transaksi tunai. Pengembangan kartu debit, seperti kartu kredit dan kartu charge, secara umum negara tertentu yang mengakibatkan sejumlah sistem yang berbeda di seluruh dunia, yang sering tidak sesuai. Sejak pertengahan 2000-an, sejumlah inisiatif telah diizinkan Kartu debit yang diterbitkan di satu negara untuk digunakan di negara-negara lain dan memungkinkan penggunaannya untuk internet dan telepon pembelian.

Tidak seperti kredit dan kartu charge, pembayaran menggunakan kartu debit segera ditransfer dari rekening bank yang ditunjuk pemegang kartu, bukannya mereka membayar uang kembali di kemudian hari.

Kartu debit biasanya juga memungkinkan untuk penarikan instan uang tunai, bertindak sebagai kartu ATM untuk menarik uang tunai. Pedagang juga dapat menawarkan fasilitas cashback untuk pelanggan, di mana pelanggan dapat menarik uang tunai bersama dengan pembelian mereka.