Kartu ATM dan kartu Debit BRIS

Kartu ATM dan kartu Debit BRIS

Kartu ATM dan kartu Debit BRIS adalah kartu khusus yang diberikan oleh BRIS kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis atas rekening tersebut.  Pada saat kartu digunakan bertransaksi akan langsung mengurangi dana yang tersedia pada rekening.

Apabila digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM, maka disbut sebagai kartu ATM. Sedangkan apabila digunakan untuk transaksi pembayaran dan pembelanjaan non tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu debit.

Kartu ATM BRIS dapat digunakan di  seluruh jaringan  ATM BRIS, ATM BRI, ATM Prima dan ATM Bersama, untuk jenis transaksi sbb :

  1. Penarikan tunai
  2. Transfer dana
  3. Informasi saldo dan mutasi rekening
  4. Pembayaran PLN, Telkom, Zakat, Infak
  5. Pembelian  pulsa isi ulang

 

Cara Membuka Tabungan di BRI Syariah

Untuk membuka tabungan di BRI Syariah, cukup mudah ;

Tahap awal silakan menuju kantor bank BRI Syariah, jangan lupa siapkan syarat-syarat yang diperlukan, yaitu:

 

  • Uang senilai Rp50.000 untuk saldo awal pembukaan rekening. Ini sudah termasuk biaya pembuatan kartu ATM.
  • Tanda pengenal (KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar)

 

Hanya 2 (dua) syarat saja yang diperlukan. Bagaimana jika Anda seorang pendatang/bukan penduduk kota setempat? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membuka tabungan di BRI Syariah. Anda hanya perlu mengisi formulir “Keterangan Domisili” yang sudah disediakan oleh pihak BRI Syariah.

 

Kelebihan Menabung di BRI Syariah

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menabung di BRI Syariah, diantaranya:

  1. Gratis biaya administrasi bulanan.
    Saldo tabungan Anda tidak akan berkurang tiap bulannya untuk membayar biaya administrasi tabungan dan biaya administrasi kartu ATM
  2. Gratis biaya transaksi tarik tunai dan cek saldo di seluruh mesin ATM jaringan ATM Bersama dan Prima.
    Anda tidak perlu ragu untuk mengecek saldo atau menarik uang tunai di mesin-mesin ATM Bersama (seperti: BRI, BNI, Mandiri, BTN, BII, dan sebagainya). Pokoknya jika pada pintu mesin ATM terdapat logo “ATM Bersama”, gunakan saja kartu ATM Anda. Juga tidak perlu ragu untuk bertransaksi di mesin ATM Prima, seperti: BCA.
  3. Gratis biaya Debit Prima.
    Jika Anda berbelanja di swalayan yang menyediakan perangkat Debit Prima, gunakan saja kartu ATM BRI Syariah Anda. Gratis!
  4. Saldo tabungan minimal rendah.
    Ya, saldo minimal tabungan BRI Syariah hanya Rp25.000. Jika saldo Anda Rp75.000, Anda bisa tarik tunai Rp50.000 melalui mesin ATM. Tapi jangan sampai membiarkan saldo Anda di bawah Rp25.000, karena Anda akan dikenai “sanksi” administrasi bulanan lho.
  5. Gratis biaya transfer, dan dapat mentransfer dan menerima transfer dari semua institusi perbankan di Indonesia melalui mesin ATM.
    Selama institusi perbankan tergabung dalam jaringan ATM Bersama atau Prima, BRI Syariah dapat berkoneksi dengan bank tersebut. Ya, ini kelebihan yang sangat memudahkan bagi nasabah bank BRI Syariah. Anda dapat mentransfer uang ke bank lain, gratis, termasuk ke bank BCA melalui mesin ATM. Selain itu, pemilik rekening di bank lainpun dapat mentransfer uang ke BRI Syariah melalu mesin ATM, tidak terkecuali juga pemilik rekening BCA. Kenapa bank BCA sperti menjadi spesial? Karena bank BCA tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama, sehingga pemilik rekening bank lain, seperti BNI, BRI (konvensinal), BTN, dan lainnya, akan kesusahan dalam transaksi mentransfer atau ditransfer uang melalui mesin ATM. Tetapi tidak bagi pemilik rekening BRI Syariah.Untuk mentransfer uang ke bank lain dalam jaringan ATM Bersama, Anda dapat menggunakan mesin ATM milik bank apapun. Sementara untuk mentransfer ke bank BCA, Anda hanya dapat melakukannya di mesin ATM BRI Syariah, atau mesin ATM BCA. Maklum saja, bank lain tidak ada pilihan menu untuk transaksi ke bank dalam jaringan Prima (bank BCA).