Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai

Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai

Yang dimaksud instrumen Non Tunai adalah dimana kartu non tunai yang berbeda dengan kartu debit lainnya. Kartu debit hanya bisa digunakan untuk tarik tunai maupun seor tunai. Kalau kartu non tunai ini biasa disebut degan kartu kredit.

DETAIL FITUR KARTU KREDIT DENGAN CHIP Tampak Depan :

www.nontunai.com-Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai
www.nontunai.com-Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai
  1. Chip pada kartu kredit yang selalu diletakkan di bagian depan sisi kartu, chip ini telah ditambahkan berbagai aplikasi yang dapat mengenkripsi data sehingga data dapat tersimpan lebih aman.
  2. Nomor kartu yang terdiri atas 16 digit.
  3. Nama pemegang kartu.
  4. Nama penerbit kartu kredit.
  5. Masa berlaku kartu kredit.
  6. Logo Jaringan Kartu kredit.

Tampak Belakang :

www.nontunai.com-Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai1
www.nontunai.com-Instrumen dan Keuntungan Transakasi Non Tunai1
  1. Magnetic stripe yang masih dapat digunakan jika kartu kredit tersebut digunakan untuk bertransaksi di luar negeri.
  2. Signature panel adalah tempat pembubuhan tanda tangan pemilik kartu pada kartu kredit yang dimiliki.
  3. Nomor verifikasi yang terdiri atas tiga digit.
  4. Alamat Bank penerbit kartu kredit.
  5. Nama / Logo penerbit kartu kredit.

MEKANISME PENGGUNAAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN CHIP

Mekanisme Penggunaan Kartu Kredit dengan menggunakan chip tidak banyak mengalami perubahan dengan mekanisme sebelumnya. Ketika bertransaksi, hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kartu kredit chip adalah:

  1. Kartu kredit yang Anda serahkan ke kasir akan diproses dengan cara memasukkan kartu ke dalam mesin EDC yang telah dilengkapi chip atau dikenal dengan istilah di-dip. Pada saat di-dip, kartu mengalami proses enkripsi terlebih dahulu sebelum akhirnya secara online di-link-an dan di verifikasi dengan penerbit kartu kredit yang dipakai.
  2. Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC yang telah dilengkapi chip akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.
  3. Transaksi selesai.

Keuntungan Menggunakan Non Tunai

Sedah banyak keuntungan menggunakan Non Tunai, berikut adalah keruntuhan menggunakan Non Tunai :

  1. Tidak perlu bawa uang tunai kemana-mana. Sebagai masyarakat kekinian yang memiliki mobilitas tinggi, kita tidak selalu membawa uang tunai. Oleh karena itu, transaksi non tunai dapat menjadi solusi. Cukup membawa uang tidak tunai saja.
  2. Bisa transaksi tanpa memiliki uang tunai. Sekarang harga barang-barang semakin mahal. Inflasi dan politik senantiasa menaikan dan meningkatkan harga barang-barang. Dengan transaksi non tunai, jita tidak harus memiliki uang tunai untuk mendapatkan barang-barang yang semakin mahal itu. Yang penting punya uang tidak tunai. Keuntungan ini juga menjadi salah satu solusi untuk modal usaha, terutama dalam pengadaan asset.
  3. Mudah, tidak perlu repot- repot menghitung uang tunai. Selain itu, transaksi non tunai juga semakin dimudahkan dengan elektronifikasi transaksi. Jadi kemana pun kita pergi masih dapat dengan mudah, aman dan nyaman bertransaksi. Yang penting tanggungan keuangannya ditunaikan.
  4. Dapat mendapatkan pelanggan lebih cepat. Karena tidak semua pelaggan punya uang tunai, jadi transaksi non-tunai menjadi solusi bersama. Dengan semakin banyaknya pelanggan, maka hal ini dapat memicu crowd effect yang berdampak positif untuk usaha yang sedang kita jalankan.
  5. Mempercepat siklus ekonomi sehingga meningkatkan arus kas. Siapa yang tidak suka arus kasnya meningkat, bukan? Dengan arus kas yang besar, tentunya akan meningkatkan valuasi usaha dan kemudian memperbesar potensi penambahan modal. Untuk usaha yang ingin menjadi besar dan go public, ini penting sekali.
  6. Mendukung Bank Indonesia (BI) dalam Gerakan Nasional Non Tunai. Siapa bilang bela negara hanya bisa dilakukan oleh TNI dan POLRI, kita juga bisa. Salah satunya dalah dengan mendukung program-program lembaga negara. Salah satunya ya Gerakan Nasional Non Tunai ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini