Ilustrasi dari Jasa Marga

MarkPlus baru saja memberikan penghargaan kepada merek yang dianggap paling wow di tahun 2018. Di kategori uang elektronik (Unik), ada tiga produk yang paling dikenal dan direkomendasikan oleh pengguna, yaitu Flazz, E-toll dan Brizzi. Inilah Tiga Uang Elektronik Paling Wow 2018.

Flazz meraih Emas dengan nilai BAR (Brand Advocacy Ratio) sebesar 0,7 dan nilai PAR (Purchase Action Ratio) sebesar 0,63—dari poin maksimal 1. BAR merupakan rasio besarnya jumlah orang yang mengenal sebuah merek pada akhirnya merekomendasikannya ke orang lain, sementara angka PAR mengindikasikan jumlah orang yang pada akhirnya membeli merek tersebut.

Unik yang diterbitkan oleh BCA ini memang cukup agresif dalam menggelar promo produk dan tersedia di banyak merchant, mulai dari toko modern sampai gerai makanan. Nilai BAR dan PAR-nya semakin meningkat setelah Flazz mulai bisa digunakan untuk bayar tol di Jabodetabek per Oktober tahun lalu. Oleh karena wajar jika Flazz masuk dalam Tiga Uang Elektronik Paling Wow 2018.

marketeers.com

Di posisi kedua adalah E-toll, unik dari Jasa Marga untuk para pengguna tol. Uang elektronik ini merupakan co-branding dari E-money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Keunggulan E-toll adalah lebih dahulu mendominasi pintu-pintu tol di Jabodetabek dan bisa digunakan untuk transaksi di luar tol.

Nilai BAR dan PAR-nya cukup tinggi, yaitu 0,57 dan 0,45.

Posisi terakhir, dengan BAR 0,38 dan PAR 0,17 diraih oleh Brizzi dari BRI yang beberapa bulan terakhir semakin aktif mempromosikan uniknya. Brizzi akhirnya menikmati hasilnya dengan meraih Perunggu di ajang WOW Brand Festive 2018 yang digelar MarkPlus, Kamis (8/3/2018) lalu.

Kartu Kredit Paling Wow

Sementara itu, di kategori kartu kredit, BCA juga meraih nilai tertinggi dan mendapatkan Emas dalam penghargaan Indonesia Wow Brand 2018.

Rasio BAR atau nilai kecenderungan konsumen merekomendasikan merek ini mencapai 0,65, sementara nilai PAR-nya sebesar 0,59.

Menyusul setelahnya Kartu Kredit Mandiri (Perak) dan Kartu Kredit BRI (Perunggu).

Leave a Reply