Inilah Rincian Biaya Isi Ulang Uang Elektronik (Unik) di Indonesia

www.nontunai.com-Alasan Non Tunai Mudah dan Tidak Ribet
www.nontunai.com-Alasan Non Tunai Mudah dan Tidak Ribet

Bank Indonesia telah menetapkan ketentuan biaya isi ulang untuk uang elektronik (unik) berbentuk kartu chip. Rinciannya tertuang dalam Lampiran 2 Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia (PADG BI) tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) tertanggal 20 September 2017.

Mengacu pada Skema Kebijakan Harga yang diatur BI lewat PADG Nomor 19/10/PADG/2017, penyelenggara uang elektronik (unik) harus menginformasikan besaran biaya isi ulang secara transparan kepada pemegang uang elektronik.

Adapun biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut:

  • Top Up On Us atau pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu. Tapi harap dicatat, pengenaan biaya top up on us uang elektronik berbentuk kartu ini baru berlaku setelah Bank Indonesia menetapkan penyempurnaan ketentuan uang elektronik. Berikut rincian biayanya:
    • Untuk isi ulang kurang atau sama dengan Rp 200 ribu, tidak dikenakan biaya.
    • Untuk isi ulang lebih dari Rp 200 ribu, dapat dikenakan biaya maksimal Rp 750 per isi ulang (top up).
  • Top Up Off Us atau pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu yang berbeda atau milik mitra. Kebijakan skema harga ini mulai berlaku efektif sebulan setelah PADG GPN diterbitkan. Besaran dikenakan biaya untuk top up off us adalah maksimal sebesar Rp 1.500 Rupiah per isi ulang (top up), dengan rincian seperti dalam tabel berikut: 

Keterangan Metode Top Up Off Us:

  1. Metode top up off us elektronik adalah transaksi isi ulang menggunakan kartu dan kanal pembayaran dari Penerbit yang berbeda tanpa mitra.
  2. Metode isi ulang mitra adalah transaksi isi ulang yang dilakukan di pedagang (merchant) mitra.
    1. Metode isi ulang mitra kanal pembayaran penerbit adalah transaksi isi ulang yang dilakukan menggunakan kartu dan kanal pembayaran Bank yang sama melalui mitra.
    2. Metode isi ulang mitra kanal pembayaran penerbit lain adalah transaksi top up yang dilakukan menggunakan kartu dan kanal pembayaran dari Bank yang berbeda melalui mitra.
      *) Pembagian atas distribusi termasuk porsi untuk mitra.

Ilustrasi Distribusi Biaya Top Up Off Us:

  • Nilai isi ulang di mitra: Rp 100.000,-
    Transaksi top up off us dilakukan di mitra dengan menggunakan kanal pembayaran penerbit lain. Biaya isi ulangnya ditetapkan sebesar Rp 1.500,- (diambil biaya maksimal)
  • Porsi mitra berdasarkan hasil negosiasi adalah sebesar Rp 750,-.
  • Porsi mitra akan dibagikan oleh Acquirer.
  • Tarif isi ulang sebesar Rp 1.500,- dibagikan kepada pihak terkait yaitu Issuer, Acquirer, Lembaga Switching dan Mitra, dengan distribusi sebagai berikut:

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan beri komentar!
Masukkan nama Anda di sini